Saturday, May 2, 2015

Ojek di Sunan Kudus Cuma 8.000 / 2 Orang

22.08 WIB 

Tiba di terminal peziarah Sunan Kudus
Lahan sekitar makam Sunan Kudus terbatas. Karena itu, pemerintah daerah menyediakan terminal khusus untuk bis dan kendaran peziarah.
Letak terminal bis dengan lokasi makam, memang tak dekat. Tapi, pengelola juga menyediakan sarana transportasi menuju lokasi.

Ada beberapa macam pilihan. Mulai angkot, dokar, becak, hingga ojek. Angkat, dokar, dan becak tersedia di siang hari. Sementara ojek beroperasi malam harinya.
Ongkos angkot : 3.000 / orang
Becak : 4.000
Dokar : 4.000

Sementara ongkos naik ojek 8.000 / 2 orang. Artinya, satu motor untuk dinaiki berdua. Kalaupun anda naik sendirian, ya tetap saja harus bayar  8.000.
Dengan ojek, anda tidak diantarkan langsung ke lokasi, depan masjid yang ada menaranya. Tapi, di pangkalan ojek juga.

Saya hitung, perjalanan dari terminal bis ke pangkalan ojek dekat makam, membutuhkan waktu sekitar 5 menit.
Untuk mencapai lokasi makam, harus berjalan lagi kira2 100-150 meter, dengan melintasi para pedagang.

Begitu pula saat kembali, ojek anda sudah menanti.
2 Mei 2015
Ziarah Wali Jateng - Jogjakarta siswa/i MA NU Infarul Ghoy Tritunggal Babat

Muria, Tujuan Ziarah dengan Fasilitas Serba Nyaman

Muria lokasi ziarah yang nyaman. Masjid yang bersih didukung toilet dan tempat wudhu yang sama2 terawat. Airnya pun mengalir deras, dengan tingkat rasa air tawar maksimal.
Toilet (hanya tersedia untuk kencing) dibiarkan tanpa penunggu. Tak ada petugas bagian ketok-ketok kotak amal.
Akses menuju makam dan masjid melewati lorong pertokoan yang bersih pula. Saya hampir tak menemukan sampah di lantai jalanan.
Juga, tak banyak pengemis menengadahkan tangan di sekitar masjid dan makam.
Hanya satu yang tak nyaman, untuk mencapai masjid dan makam, kita harus mendaki tangga. Jumlahnya tak sedikit, mungkin mencapai ribuan. Perjalanan dengan berjalan kaki memakan waktu sekitar setengah jam.
Alternatif lain, ya naik ojek.
Sebuah perjalanan memacu adrenalin. (Nanti saya akan cerita lagi di lain kesempatan).
Gunung Muria, 2 Mei 2015
*Perjalanan ziarah wali siswa/i MA NU Infarul Ghoy Tritunggal Babat

Uji Adrenalin di Ojek Sunan Muria


Untuk menuju lokasi makam dan masjid Sunan Muria, peziarah harus jalan kaki naik gunung dengan ribuan tangga. Kira2 perjalanan setengah jam untuk tiba di atas gunung.
Jangan kuatir, sepanjang perjalanan akan ditemani jejeran kios dengan aneka macam jualan. Mulai kaos, batik, tasbih, buku, sandal, hingga makanan.

Tapi, bagi saya, tetap saja berjalan kaki naik seperti itu sebuah tantangan yang luar biasa.
Namun, ada alternatif pilihan bagi yang tak sanggup berjalan kaki. Yakni menggunakan jasa ojek.
Setelah mempertimbangkan kapasitas diri dalam hal perjalankakian, saya memutuskan untuk naik ojek. Walaupun banyak teman yang menakut-nakuti kengerian ojek.

Yah, daripada gak kuat. Dan, gak berhasil tiba di atas. Belum lagi risiko kecapekan, saya putuskan untuk naik ojek.

Benar.
Ternyata, perjalanan memang mengerikan. Jalan menanjak dengan belokan-belokan tajam. Belum lagi, di samping kiri jurang tajam.

Apalagi, si ojek hampir tak pernah mau injak rem dalam2. Paling sekadar saja, lalu gas pool lagi. Saat belokan sekalipun, ia terus membelok dengan kemiringan hampir 50 derajat. Saya jadi teringat balapan MotoGP.

Yang bisa saya lakukan di kursi belakang hanyalah banyak membaca shalawat sambil memegang erat2 jaket si tukang ojek. Saya tak bisa bayangkan andai motor selip, dan jatuh. Pasti...
Kok lama sekali ya gak nyampe2. Batin saya.

Setelah tiba di atas, saya cek jam tangan, ternyata perjalanan itu memakan waktu kurang dari 5 menit. Mungkin saking ngerinya, sampai perjalanan sesingkat itu terasa lama.
Pulangnya, saya gak berani bayangkan perjalanan turun dengan naik ojek berkecepatan seperti saat berangkat.

Terlalu ngeri.
Maka, saya putuskan untuk berjalan kaki walau 2x harus beristirahat. Sambil menahan kaki yang gemetar.

Muria, benar2 uji nyali. 

*Ongkos ojeknya cuma 10 ribu untuk sekali jalan.


2 Mei 2015
Perjalanan Ziarah Siswa/i MA NU Infarul Ghoy Tritunggal B

Dakwah Ini Dirancang untuk Berhasil

Membaca kisah perjuangan Sunan Kudus (dan para wali lainnya), kita belajar, sesungguhnya dakwah yang kita perjuangkan bukanlah untuk GAGAL. Tapi, dakwah ini dirancang (dan harus diusahakan) untuk MENANG-BERHASIL.

Para Wali Songo, punya cara-strategi agar dakwah mereka berhasil, dan bisa diterima khalayak yang waktu itu mayoritas beragama Hindu atau Budha. Atau bahkan Kejawen.

Metode dakwah tentu saja berbeda tiap daerah. Menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di wilayah sasaran. Sekilas (bagi yang berpandangan kerdil) mungkin akan tampak beliau-beliau "melanggar" aturan syariat. Tapi, sesungguhnya tidak. Kita berhasil buktikan hasilnya sekarang. Alhamdulillah kan, kita semua mendapat karunia sebagai keturunan yang beragama Islam. Berkat jasa para wali dan ulama.

Syekh Qardhawi pun menulis buku Fiqh Dakwah (daiyah). Sebuah panduan untuk aktivis-penggerak-pejuang Islam; tentang bagaimana memulai dakwah, bagaimana menjadikan dakwah ini berhasil. Juga, beliau tulis fikih prioritas.

Friday, May 1, 2015

Klaim Kembali pada Al-Quran dan Hadits


Entah, slogan ini selalu menggelitik pikiran saya.
Sebab, slogan seperti ini bisa menjadi senjata seeorang untuk menggebuk orang lain. Menjadi dalil "qath'i" untuk mengkafirkan atau memusyrikkan orang lain.

Terkadang juga muncul pikiran, jangan-jangan kelompok yang mengaku salafi itu benar. Sebab, katanya mereka memahami Al-Quran dan Hadits dengan pemahaman ulama salaf.

Tapi, ternyata saat mencermati sepak terjang, perilaku, akhlak mereka terhadap sesama muslim, saya menjadi teramat ragu (atas klaim mereka).

Rasanya jauh sekali (Kalau tidak mengatakan berlawanan) dengan anjuran dan contoh2 yang diberikan para sahabat dan ulama generasi salaf.

Selama belajar agama ini, saya simpulkan bahwa, andai seseorang itu telah hafal Al-Quran dan Hadits kutubus tis'ah di luar kepala, tak serta merta ia adalah orang yang paling layak berfatwa. Tak otomatis ia bisa menyandang gelar mujtahid.

Tak serta merta pula, ia adalah sosok rujukan utama dalam propaganda "Kembali pada Al Quran dan Hadis".

Tak cukup, saat ditanya hukum sebuah amaliah, ia langsung bisa menjawab berdasarkan hafalannya yang luar biasa banyaknya itu.

Apalagi, dalam kajian ilmu Ushul Fiqh, ada mekanisme istinbath hukum. Ada amm, khash, mafhum, manthuq, mubham, mubayyan, tarjih, nasakh, dan lain-lain.

Jadi miris juga, kala membaca tulisan seseorang yang dengan pedenya bilang "gak ada tuh dalam hadisnya", gak ada tuh dalilnya, atau ketika menjawab suatu permasalahan langsung saja; ini lho hadisnya, ini ayat nya. Tanpa memberikan tahapan istinbath sehingga ia bisa menarik kesimpulan atas sebuah hadis.

Saya kuatir juga, jangan2 yang suka ngomong gak ada dalilnya itu, Bukhari Muslim saja belum pernah khatam bacanya (apalagi beserta syarahnya; Fathul Bari-nya Al-Asqalani dan Al-Minhaj karya Imam Nawawi).

Babat, 1 Mei 2015

Selamat Hari Buruh

"Tekadkan diri untuk tidak selamanya menjadi buruh.

Atau tekadkan diri untuk bekerja sebagai bos bagi diri sendiri."

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)