Tuesday, June 19, 2018

Sebagian Doa adalah "Kriminal"

• Sebagian Doa adalah "Kriminal" •

Ini istilah baru yg saya temukan dari ngaji bareng Gus Bahauddin Nursalim.

Saat berdoa, kita kerapkali memohon kepada Allah agar semua hajat kita dikabulkan
وتقضي لنا جميع الحاجات

Sementara, kalau nurutin hajatnya manusia itu bisa dipastikan gak ada ujungnya
Sementara, kalau nuruti hajatnya si A bisa terbentuk "kriminal" bagi orang lain
Sebab, hajat si A bisa melanggar hajat si B
Sebab itu, gak usah pakai ngatur Allah segala lewat doa-doamu
Allah, lebih mengerti permohonan mana yang pantas untukmu

Misalnya,
Sampean kang-kang pondok ini, rupanya biasa-biasa saja
Pinter juga gak amat-amat
Sugih duit malah enggak

Lha, kok doanya minta dijodohkan dengan perempuan cantik, Pinter, anak orang kaya tetangga RT sebelah
Padahal, perempuan itu punya doa yang berbeda
Kalau Anda "memaksa" Allah mengabulkan doa ini, berarti anda telah mencoba berlaku "kriminal" terhadap si perempuan

Atau minta tokonya paling laris sak kecamatan
Itu sama saja, anda mengajak kriminal terhadap tetangga anda yang juga buka toko
Bukankah kalau toko anda paling laris, sama saja mengurangi rejeki dan pelanggan toko sebelah?

Atau seorang kiai, berdoa jadi kiai paling laris undangannya
Sehari sampai ceramah 10 tempat
Kan sama saja mencoba berlaku kriminal pada kiai lainnya
Yang andaikan anda tak selaris itu, kiai lain akan dapat "jatah" undangan pula

Berdoa minta jadi bupati
Sama saja mencoba berbuat kriminal dengan orang lain yg juga berminat jadi bupati
Begitu pula dengan berdoa jadi kades, gubernur, atau presiden

Berlakulah adil terhadap diri anda dan orang lain
Berlakulah adil sejak dalam doa kepada Allah SWT.

Babat, 19 Juni 2018
@mskholid

- disarikan dari ngajinya Gus Bahauddin Nursalim

Membenci Maksiat Harus Pakai Ilmu

• Membenci Maksiat Harus Pakai Ilmu •

Misalnya, anda di jalan raya.
Lihat anak-anak jalanan sedang menghadang kendaraan atau meminta-minta agak memaksa.
Anda mungkin bergumam; "Anaknya siapa itu, ya? Kok bisa kayak gitu? Apa gak diurus orangtuanya?"

Anda marah dan membenci kelakuan mereka.
Bahkan bisa jadi, muncul sumpah serapah yang lebih buruk--jika korbannya adalah anda sendiri.

Tapi,
Begitu diberitahu bahwa yang di jalanan tadi itu salah satunya ialah keponakan anda.
Saya yakin kalimat gumam anda bakal berubah.
"Mugi-mugi Gusti Allah mengampuni. Semoga segera sadar dan bertobat."
Kalimat anda berbalik 180 derajat.

Misalnya,
Anda mendengar tetangga anda jadi korban narkoba
Kecanduan obat terlarang.
Bisa jadi, anda akan bicara buruk tentang tetangga itu
Kebablasan, ngomong yang tidak-tidak

Tapi,
Begitu menyadari bahwa tetangga itu yang suka memberi anda
Sering mengirimi sembako
Suka memberi pinjaman utang (nirbunga)
Sikap anda berbalik 180 derajat
Mendoakan semoga segera sembuh dan terhindar dari narkoba

Misal lainnya,
Anda naik bis umum
Kaki anda terinjak penumpang lain
Seketika anda bergolak mau marah dan menyentak si penginjak

Namun,
Begitu tahu si penginjak itu seorang perempuan muda yang cantik
Sikap anda bisa berubah ...
"Gak apa-apa, mbak. Gak sakit kok...!!!"

Lha,
Terus, anda marah itu karena kesalahannya,
ataukah ...
Karena dia tidak "cantik" dalam standar anda?

Sebabnya ialah:
Kasus pertama, anda menyikapi maksiat/kesalahan tanpa kepentingan
Kasus kedua, karena Anda menyikapi maksiat dengan kepentingan
Di sinilah pentingnya ilmu dalam menyikapi segala hal
Termasuk sikap tegas terhadap maksiat atau kesalahan yang diperbuat orang lain.

Di sinilah, ilmu tasawuf menunjukkan perannya
Sehingga anda bisa bersikap adil, penuh hikmah dalam menyikapi kebaikan ataupun keburukan orang lain (keluarga atau tidak, separtai atau tidak, seorganisasi atau tidak, sesuku atau tidak).

Wassalam...

Babat, 19 Juni 2018
@mskholid

*disarikan dari ngajinya Gus Bahauddin Nursalim نفعنا الله بعلومه

Thursday, May 31, 2018

Bawa Anak Kecil ke Masjid

• Bawa Anak Kecil ke Masjid •

Maghrib itu, saya bersama istri ke salah satu masjid favorit di kota saya.
Bahkan, cenderung jadi salah satu ikon kota kecil ini.
.
Kami mengajak juga si kecil. Si kecil ini jarang nangis saat di masjid. Tidak suka teriak-teriak. Paling ya lari-lari di marmer/karpet masjid yang indah dan nyaman itu. Maklum, di rumah kami tak punya lantai atau marmer sebagus di masjid. Mungkin dia senang, bahagia menemukan kemewahan baru.
.
Di tengah shalat (rakaat 2), si kecil menangis keras. Hati saya gundah. Galau sepanjang shalat. Posisi dia di shaf perempuan di belakang bersama bundanya.
.
Ada apa? Gak biasanya si kecil nangis sekeras dan sekencang itu. Bahkan sepanjang itu.
Yang bikin saya tambah galau, bacaan imam pada rakaat itu kok terasa semakin naik volumenya. Kesan yang saya tangkap, pak Imam mencoba menandingi kencangnya tangisan si kecil.
Kesan yang saya tangkap lagi, bacaan beliau kok tambah lama dibanding rakaat awal tadi. Saya makin galau. Sementara si kecil belum berhenti tangisannya.
.
Usai salam, saya langsung beranjak ke belakang.
Meminta penjelasan dari istri.
Rupanya si kecil awalnya kejar-kejaran dengan anak yang lebih besar darinya.
Entah sekadar dikejar atau diperlakukan hal lain (istri gak tau).
Yang jelas dia menangis di jarak yang cukup jauh dari istri.
Lalu kebingungan mencari lokasi istri--demi meminta perlindungan
Ya, bisanya cuma nangis. Wong anak kecil.
.
Persoalan anak kecil ke masjid ini memang jadi polemik di masyarakat dan atau takmir. Antara diperbolehkan atau dilarang.
Keputusan terbaik, lihat situasi dan kondisi setempat saja.
Takmir yang berpikiran terbuka lebih mengerti mana yang terbaik.

-------

Pertanyaannya, bolehkah bawa anak kecil ke masjid?
Kalau berdasarkan riwayat Nabi saw; jawabannya pasti BOLEH.
.
#1
Ada riwayat Baginda Rasulullah saw suatu ketika menjadi imam. Namun, beliau sujudnya terlalu lama. Gak seperti biasanya. Sebagian makmum sampai penasaran; ada apa?
Rupanya, cucu Nabi saw yang masih kecil sedang asyik "ngangkruk" di atas punggung Baginda Nabi saw.
Beliau tidak ingin mengganggu keasyikan cucunya bermain.
Padahal beliau sedang shalat lho, ya...
Artinya, anak kecil juga diperbolehkan ke masjid
Artinya, sebagai orang dewasa yang sedang shalat, beliau tidak ingin mengganggu anak kecil yang sedang bermain
.
#2
Ada riwayat bahwa Rasulullah saw menyarankan para imam agar pengertian dengan kondisi jamaahnya. Sebab, jamaah itu kondisinya pasti berbeda-beda. Ada yang tua, ada yang sibuk, ada yang sakit, ada yang punya anak kecil. Terkait anak kecil di hadits ini, terbuka dua kemungkinan. Si kecil ditinggalkan di rumah atau sedang dibawa ke masjid.
.
Pertanyaan kedua,
Kenapa Pak Imam di masjid favorit itu masih juga panjang bacaannya walau mendengar tangisan anak kecil?
Saya tidak tau jawaban pastiya.
Ada kemungkinan beliau saking enaknya ngaji, sampai tidak mendengar ada tangisan anak kecil di belakang yang sedang berharap uluran tangan bundanya.
.
Pertanyaan ketiga,
Mungkinkah kita berharap punya generasi muda yang dekat dengan masjid, yang aktif di masjid, sementara sejak kecil mereka tidak pernah dibiasakan ke masjid?
Bahkan dilarang!!!
Atau bahkan dimarah-marahi dan diancam kalau rame di masjid?
NOL. NOL. NOL.
.
Saya saja yang sejak kecil tidurnya di masjid, lari-lari kejar-kejaran di masjid, main bola di depan masjid, bikin lapangan voly di belakang masjid, malamnya sering tidur di masjid, besarnya segede ini tidak selalu jamaah di masjid.
Apalagi yang sejak kecil nggak pernah ke masjid. Atau trauma masjid.
.
Akibatnya, masjid kita hanya akan kebagian generasi tua renta. Yang memang sudah tinggal menunggu waktu. Wajar.
Bahkan, di usia kepala tiga ini terkadang saya melihat diri saya adalah jamaah termuda di antara para jamaah.
Lalu dimana mereka-mereka yang usia SD/MI, SMP, SMA?
.
Jawabannya memang tidak semata karena larangan sejak kecil masuk masjid.
Zaman now, tantangannya semakin beragam
Gadget, game online, PS, warung kopi wifi, cafe, dkk.
Semuanya berpotensi besar menggerus generasi dekat masjid
Mestinya, ini adalah tantangan bagi masjid untuk menjadikan dirinya menarik dan diminati
Minimal, masjid terasa ramah dan nyaman bagi mereka.
.
Tapi,
Anak-anak kalau berisik itu kan ganggu shalat?
Betul. Kalau berisik dan ramenya kelewatan.
Jika sekadar celotehan si kecil, kok ada yang terganggu, itu yang bermasalah sebenarnya  bukan anak kecilnya. Tapi shalatnya si orang dewasa yang masih berkualitas anak kecil.

Babat, 31 Mei 2018

Wednesday, May 16, 2018

Desain Kaos PKB untuk Cabup Madiun Djos-To

Desain Kaos PKB untuk Cabup Madiun Djos-To

Tuesday, April 24, 2018

Nasihat Yai Salim Azhar untuk Pengurus Baru NU

• Tiga Nasihat Kiai Salim (Yai Sabartas) pada Pengurus NU •

#1. Rela Berkorban Tenaga dan Materi

Menurut Yai Salim, sikap seperti ini dicontohkan dengan maksimal oleh Almaghfurlah Kiai Baqir Adelan semasa hidup beliau. Di mana, Yai Baqir dalam keseharian tidak hanya sibuk ngurusi pondok Kranji, ngurusi dagang kayu, tapi juga ikut jadi pengurus NU. Ikut berjuang bersama di organisasi NU.
.
Tidak hanya waktu beliau yang tersita cukup cukup banyak di NU
Materi dan dana pribadi juga beliau sumbangkan untuk kelangsungan organisasi
Totalitas beliau sebagai sesepuh warga Kranji (NU--khususnya) diharapkan menjadi teladan bagi pengurus baru dalam menjalankan amanah yang diembannya.
.
#2. Menjaga NU dan NKRI
.
Salah satu amanah para ulama (NU--khususnya) adalah menjaga NKRI. Beliau-beliau, yang ikut mendirikan bangsa ini, sudah berijtihad yang hasilnya negara Indonesia ini. Bukan negara berbentuk kerajaan (monarkhi), militerisme, atau federalisme. Tapi Kesatuan Republik Indonesia.
.
Semua warna punya hak dan kewajiban yang sama.
Tak pandang; anak siapa, keturunan siapa, suku apa, agama apa.
Karena itu, kecintaan pada negara dan tanah air perlu terus menerus ditingkatkan
Salah satunya lewat mempopulerkan syair ciptaan Mbah KH Abdul Wahab Chasbullah (Ya Ahlal Wathan).

#3. Tidak Manuk Gelatik Cucuk-é Biru

"Mari Dilantik, Ditinggal Turu".

Babat, 24 April 2018
@mskholid
@ruanginstalasi
Sekjend Ikbal Tabah
.
.
*Sekilas catatan usai Pelantikan Pengurus NU dan GP Ansor Ranting Kranji di Aula YPP Tarbiyatut Tholabah Kranji, Ahad (22/04/2018) lalu.
*capture lirik lagu diambil dari Buku Biografi KH Abdul Wahab Chasbullah, karya Drs. Choirul Anam

Sunday, April 22, 2018

Tiga Tuntas di MA Tarbiyatut Tholabah

• Tiga TUNTAS di MA Tabah •

"Di sini, banyak sekali wisuda," kalimat pembuka tausiyah KH Nasrullah Baqir saat wisuda Prodistik Ma Tarbiyatut Tholabah, Kamis (19/04/2018) lalu.

Wisuda pertama, bagi santri-santri yang lulus baca-hafalan Al-Qur'an dengan Metode Ummi
Wisuda kedua, bagi santri-santri yang lulus baca kitab kuning dan ilmu nahwu dasar dengan metode Al-Miftah lil Ulum.
Wisuda ketiga, bagi santri yang purna dari sekolah formal
Wisuda keempat, bagi santri yang mengikuti program terapan bidang teknologi informasi kerjasama dengan ITS Surabaya.

"Jadi, diam-diam santri yang mondok di PP Tabah ini, bisa tuntas 3 hal," terang Yai Nasrullah.

Program yang dicanangkan Pondok Kranji (PP Tarbiyatut Tholabah) memang didesain supaya lulusannya menguasai beberapa keahlian minimal seorang santri saat lulus.

TUNTAS

#1. BACA AL-QUR'AN TARTIL

Lulusan Pondok Kranji diharapkan minimal bisa baca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Sesuai tajwid dan makharijul hurufnya. Kemampuan ini adalah syarat minimal seorang santri. Jangan sampai ada santri yang memalukan saat ditunjuk jadi imam shalat. Sebab bacaan Al-Qur'an-nya belepotan.

Sebaliknya, jangan ada santri yang terlalu pede maju jadi imam, sementara hafalannya "Qulhu wae, Lek!"
Inilah kenapa standard bacaan dan hafalan menjadi salah satu target lulusan Pondok Kranji.

#2. BACA KITAB KUNING

Setelah Qur'an-nya tuntas, kemampuan yang harus dipunyai ialah baca kitab kuning. Tentu saja sebagai bekal mereka menyelami samudera ilmu agama. Jangan sampai santri nampak fasih bicara soal agama, namun gelagapan saat diminta baca kitab sumbernya langsung.

Waktu belajar di pesantren amat terbatas. Jelas tak mungkin semua kitab yang tersedia, bisa terbaca dan dikaji semua. Maka, dibutuhkan kunci untuk membaca kitab-kitab tersebut. Yakni ilmu nahwu dan shorof. Di sini, peran metode Al-Miftah dirasa mumpuni untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

#3. TUNTAS KOMPUTER

Ini zaman teknologi informasi. Zamannya orang beradu tak hanya di dunia nyata. Pun di dunia maya, kita dituntut untuk menyebarkan kebaikan dan kebaikan lewat sarana yang ada. Tak asal menyebarkan, tapi harus pula bisa mengemas dengan tampilan menarik dan mengenal.

Semua ini tak bisa dicapai tanpa kemampuan yang mumpuni di bidang teknologi. Termasuk dalam menjalankan aplikasi-aplikasi pendukung--semacam After Effect, Adobe Premier, Corel Draw dkk.

Alhamdulillah...
Poin ketiga ini bisa tuntas lewat program Prodistik MA Tabah kerjasama dengan ITS Surabaya.

"Syaratnya ialah temen dan utun," jelas Kiai Nasrullah sebelum memungkasi nasihat dengan doa penutup.

- Catatan usai Wisuda -

Kranji, 22 April 2018
Oleh: MS. Kholid
Sekjend Ikbal Tabah

Thursday, April 19, 2018

Canggih dengan Prodistik

• Canggih dengan Prodistik •

Awalnya, saya diminta bantu membina tim redaksi Majalah An-Nashihah
Ini majalah terbitan OSIS MA TABAH
Ketika itu, file mentah materi majalah sudah setengah jadi
Siap masuk proses tata letak (layout)

Anak-anak redaksi sudah siap menyerahkan pekerjaan layout ke pihak luar
Alasannya, mereka tidak sanggup garap layout
Saya memahami alasan itu, karena untuk melayout majalah dibutuhkan keahlian khusus dan softwere khusus
Tidak cukup pakai Corel dan Photoshop

Namun, pimpinan madrasah meminta agar semua proses penerbitan  (selain percetakan) harus digarap sendiri.
Alasannya, supaya ada rasanya pengalaman nggarap majalah sendiri
Supaya, ada transfer ilmu me-layout dari saya ke redaksi

Secara pribadi, saya tidak sanggup
Pertama, saya bukan ahli layout (hanya mengerti ilmu layout dan dasar-dasar penggunaan softwere Adobe InDesign sebagai tukang layoutnya)
Kedua, waktu. Dengan domisili di Babat, tidak mungkin saya tiap hari mendampingi tim redaksi bekerja.
Ketiga, Kemampuan redaksi di bidang layout. Bisa dibilang pengetahuan mereka tentang softwere Adobe InDesign adalah NOL.

Tiga alasan ini menjadikan saya tidak berani mengiyakan permintaan pimpinan madrasah
Namun, anak-anak redaksi justru mengiyakan
Mereka sanggup bekerja untuk menyelesaikan tata letak dan reportase bakal calon majalah sebelum deadline tiba.
Saya pun "terpaksa" mengiyakan

Pengetahuan saya tentang layout dan program InDesign langsung saya bagi di awal pertemuan. Hanya dasar-dasarnya saja.
Pada pertemuan berikutnya saya minta desainer menyerahkan hasil layout yang sudah digarap.
Ternyata, layoutan mereka pakai softwere Adobe Illustrator

Ini jelas menyimpang dari aturan, teriak saya.
Mulai sekarang kudu langsung praktik layout via InDesign langsung, pesan saya.

Pada pertemuan berikutnya, tim desainer melaporkan
Mereka tunjukkan hasil "ngelembur" di rumahnya
Di luar dugaan, hasilnya bagus dan layak
Saya hanya perlu memperbaiki sedikit saja

Rupanya,
Ini adalah hasil pembelajaran yang mereka serap lewat Program Prodistik di MA TABAH
Ya, rata-rata tim redaksi adalah mahasiswa di program kerjasama dengan ITS Surabaya
Jadilah, Kemampuan mereka memahami softwere baru pun amat cepat karena sebelumnya sudah menguasai program-program lainnya

Betapa tidak, sekelas anak tingkat aliyah ini, sudah menguasai Corel Draw dan Adobe Photoshop. Bahkan menguasai Adobe Premier dan After Effect.
Tentu saja ini sudah jauh melampaui kemampuan standard saat saya lulus kuliah 😀
Maka, ketika mempelajari InDesign (belum diajarkan di Prodistik) pun tidak kesulitan.
Saya jadi berpikir; An-Nashihah harus punya proyek baru di luar majalah.

Alhamdulillah...
Akhirnya majalah ini pun kelar lewat usaha dan kerja keras mereka sendiri.
Semoga proses percetakannya bisa selesai sebelum Muwadda'ah YPP Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran, minggu depan.

----

Selamat dan sukses
Wisuda Prodistik kerjasama
Ma Tarbiyatut Tholabah dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya  (ITS)
Semoga ilmunya bermanfaat dan terus berkembang

Saturday, April 7, 2018

Hikmah Isro' Mi'roj, Perjalanan Jauuuh dalam Semalam

(بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ
هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ)
[Surat Al-Isra' 1]

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Pada bulan Rajab ini kita diingatkan kembali pada salah satu peristiwa besar dalam episode kehidupan Rasulullah saw. Yakni peristiwa isro miroj.

Isro adalah perjalanan Kanjeng Nabi saw pada waktu malam hari. Dari Masjidil Haram di kota Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina. Sekarang ini, Masjidil Aqsha masih dalam penguasaan bangsa Israel. Kita doakan semoga segera kembali ke tangan pihak yang benar.

Sementara, mi'roj adalah perjalanan Rasulullah saw dari Masjidil Aqsha ke langit ketujuh. Hingga sampai ke sidratul muntaha. Di situlah kemudian Kanjeng Nabi mendapatkan perintah shalat 5 waktu yang menjadi kewajiban rutin kita sehari-hari.

Ibu-ibu yang dirahmati Allah...
Dalam ayat di atas disebutkan bahwa tujuan perjalanan isro mi'roj adalah:
لنريه من آياتنا. ..
"Menunjukkan kekuasaan Allah."
Apa saja tanda-tanda kekuasaan Allah itu?
Pertama, perjalanan yang amat jauh, tapi dilalui hanya dalam semalam.
Orang Arab, kalau menyebut sesuatu yang jauh itu pakai kata بعيد  (jauh). Tapi, ini hanya jauh yang sekadar jauh saja.
Namun, jika sudah sangat jauh. Saking jauhnya, hampir gak bisa diukur, bahasa Arab menggunakan kata اﻷقصى teramat jauh. Pada zaman itu, Masjidil Aqsha yang berada di negara Palestina (tempat asalnya Nabi Ibrahim, tempat lahirnya Imam Syafii), adalah lokasi yang amaaat jauh. Sehingga, orang Arab pun menamainya dengan Masjid al-Aqsha  (tempat sujud yang letaknya amaaat jauh).

Kalau kita cek pakai GPS di handphone, jarak antara Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha itu 1461 km. Kalau di Indonesia ini kira-kira dari mana ke mana? Kalau perbandingan itu, dari sini ke Jakarta sekitar 500 km. Berarti ya seperti kita perjalanan ke Jakarta, pulang ke Gendong, balik lagi ke Jakarta. Itu perkiraan jauhnya Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.
Nah, apa tanda kehebatan Allah yang bisa kita petik dari peristiwa ini? Adalah jarak dan waktu itu adalah hal yang remeh bagi Allah. Cukup datangkan pesawat jet yang bernama Buroq. Kanjeng Nabi bisa melakukan perjalanan dalam sekejap. Habis Isya berangkat dari Mekah menuju Palestina, eh sebelum Subuh sudah nyampe lagi di Mekah. Subhanallah...
Sekali lagi, ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah. Gusti Allah maha kuasa atas segalanya. Makanya, panjenengan gak usah heran; jika mendengar dulu ada kiai-kiai yang sakti. Punya ilmu lembu sekilan, dalam sekejap sudah nyampe Madura. Sekejap lagi nyampe Jombang atau Kediri. Itu semua, mungkin-mungkin saja jika Allah menghendaki.
Ibu-ibu yang saya hormati,
Hikmah yang kedua ialah: Menguji Keimanan dan Keyakinan pada Kanjeng Nabi saw
Coba jenengan angen-angen. Jaman Kanjeng Nabi dulu, kendaraan yang biasa dipakai di sana, yang paling cepat itu unta dan kuda. Kalau orang mau pergi ke Palestina jaman itu, bisa memakan waktu berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Saking jauhnya toh... Belum lagi jalannya yang masih padang pasir, berbatuan dan pegunungan, belum ada jalan mulus ber-aspal atau cor-coran kayak di desa Gendong ini.
Nah, dengan kondisi seperti itu, tiba-tiba di suatu pagi, Kanjeng Nabi Muhammad bercerita bahwa beliau semalam baru saja datang berkunjung ke Masjidil Aqsha. Dan sebelum Subuh, sudah tiba kembali ke Mekah. Orang-orang pastinya tidak ada yang percaya. Kanjeng Nabi lantas dites (ditanya) oleh orang-ornag yang sudah pernah ke Masjidil Aqsha. Mulai posisi masjid, menghadap kemana, pagarnya seperti apa, mihrabnya bagaimana, atapnya seperti apa, dan lain-lainnya. Ternyata, beliau bisa menjawab dengan benar dan pas. Orang-orang semakin heran. Kok bisaa bener yaaa?
Kok bisa Muhammad menjelaskan detil Masjidil Aqsha pas sekali. Seperti halnya orang yang sudah pernah berkunjung ke sana. Kalau zaman sekarang sih, gak heran ya Bu? Sudah ada handphone, ada internet, ada youtube. Meskipun kita belum pernah ke Masjidil Aqsha, panjenengan mungkin bisa menjelaskan bentuknya bagaimana. Ya, lewat melihat di youtube atau internet. Tapi ini zaman dulu lho... Jangan Internet dan handphone, televisi dan radio Saja belum ada kok.
Nah.... Tentu saja, bagi orang-orang yang tidak beriman pada Kanjeng  Nabi, atau orang yang terlalu mengedepankan akalnya, peristiwa Isro Mi'roj ini dianggap lelucon. Kanjeng Nabi mereka anggap sedang bercanda atau mengarang cerita bebas. Tentu saja malah jadi olok-olokan dan ejek-ejekan orang banyak. Padahal, sebenarnya yang belum nyandak itu akal mereka. Bukan Kanjeng Nabi yang salah.
Di antara sekian banyak orang yang menertawakan Kanjeng Nabi, ada seorang sahabatnya yang langsung percaya begitu saja. Yakin bahwa Kanjeng Muhammad benar dan tidak berbohong. Beliaulah Abdul Ka'bah bin Abu Quhafah, yang lantas mendapat julukan Abu Bakar as-Shiddiq karena langsung membenarkan dan meyakini peristiwa isro' mi'roj ini. Rasulullah terharu dg keyakinan Abu Bakar tersebut. Di saat semua orang mengatainya pendusta, dan berbohong, Abu Bakar dengan yakin langsung bilang percaya lada Rasulullah. Sehingga Abu Bakar kemudian dianggap sebagai sahabat paling dekatnya Baginda Rasulullah saw.
Ibu-ibu yang saya hormati...
Orang disebut beriman (atau dalam bahasa Indonesia Yakin) itu yang bagaimana sih?
Orang bisa disebut beriman jika keyakinannya itu sudah merasuk ke dalam hatinya. Bukan sekadar ucapan dan pengakuan lewat kata-kata. Tapi, akan terbukti lewat perbuatan sehari-hari.
Misalnya, Abu Bakar yang ngaku beriman pada Kanjeng Nabi, ketika ada pengumuman untuk sedekah membantu biaya perang, Abu Bakar langsung menghadap Nabi dan hendak menyerahkan seluruh hartanya untuk biaya perjuangan fi sabilillah. Umar bin Khattab pun demikian, langsung menyerahkan separuh hartanya untuk perjuangan.
Dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya, kita diajarkan untuk beriman pada hari Akhir. Kita percaya bahwa setelah hidup di dunia ini, mati di alam kubur, kita akan dibangkitkan lagi di alam akhirat. Saya kira, kalau saya tanyakan; apa semuanya yakin besok akan dibangkitkan lagi dari kuburan? Jawabnya pasti yakin semua. Iya Khan???
Tapi, kalau ditanya, apa semua yang mengaku yakin ini sudah melakukan amalan-amalan untuk persiapan hidup setelah mati kelak? Saya tak yakin semuanya sudah 100 persen menyiapkan, nggeh tho? Nah, ini adalah indikasi bahwa keimanan kita masih belum sempurna 100 persen.
Ibu-ibu yang saya hormati...
Iman dan yakin itu tidak mesti masuk akal. Seperti isro mi'roj itu jelas tidak masuk akal, tapi bagi orang yang beriman, dia akan meyakini kejadiannya adalah bagian dari kekuasaan Allah swt.
Contoh yakin lagi itu begini. Misalnya di depan sini ada kabel listrik besar. Kulit luarnya terkelupas. Lalu, ada seorang kaya raya. Dia bawa duit merah-merah yang diikat sejuta sejuta. Sebanyak 20 juta. Kemudian si Bapak, ngomong ke panjenengan:
"Bu, mau duit nggak?"
"Mauuuuu....!"
"Kalau mau, coba emut kabel ini. Atau jilat sajalah. Gak usah diemut. Nanti, tiap satu jilatan, saya kasih 1 juta. Kalau duit saya habis, akan saya ambilkan lagi di rumah."
Pertanyaannya, apa ada di antara panjenengan yang mau jilat kabel itu?
Gak ada. Kenapa gak ada?
Karena yakin risikonya.
Begitu pula iman. Kanjeng Nabi melarang berzina. Ketok e enak (koyok oleh duit sejuta), tapi panjenengan gak berani melakukan zina. Kenapa? Karena yakin, siksa dan azabnya sangat berat. Gak sebanding dengan duit 1 juta.
Kanjeng Nabi menyuruh sedekah. Ketok e gak enak. Duite koyok-koyok iso kurang lan entek. Tapi, kok panjenengan lampahi sedekah terus. Ya, karena yakin bahwa ganjaran amal sedekah sangat besar sekali kelak di alam akhirat.
Kanjeng Nabi perintah shalat Subuh. Ketokane gak enak. Lha wong wayahe tidur anteng kok disuruh bangun. Kena air pula. Ngganggu wong wae. Tapi, bagi orang yang beriman, panggilan azan Subuh akan langsung membuatnya bangkit dari tidur. Kenapa? Karena yakin balasan dan ganjaran dari Allah sangat besar.

Hikmah ketiga: Rasulullah Bertemu dengan Para Nabi yang terdahulu
Di momen inilah, Kanjeng Nabi bisa langsung mendengar cerita dari para Nabi terdahulu. Apa saja yang mereka alami, termasuk rintangan dakwah dan perjuangan. Tentu saja ini akan menguatkan hati Baginda Rasulullah agar siap sedia (tidak kaget) saat nanti menghadapi penolakan dan rintangan dari umatnya dalam berdakwah.

Selain itu, dari cerita pertemuan Kanjeng Nabi dengan para Nabi terdahulu, bahkan ada yang menyebutkan sempat shalat berjamaah di Masjidil Aqsha, kita dapat menympulkan bahwa orang-orang yang katanya sudah mati dan dikubur, itu sejatinya masih hidup. Walaupun jasadnya dipendem di bawah tanah, tapi mereka itu sejatinya masih hidup dan mendapat rejeki dari Allah.
(وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ)
(فَرِحِينَ بِمَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَيَسْتَبْشِرُونَ بِالَّذِينَ لَمْ يَلْحَقُوا بِهِمْ مِنْ خَلْفِهِمْ أَلَّا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ)
[Surat Ali 'Imran 169-170]
"Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.
Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Termasuk wali-wali Allah, orang-orang shalih yang wafat dalam memperjuangkan agama Allah, semuanya masih hidup dan mendapat rejeki kenikmatan di sisi Allah. Mangkane, si mbah-mbah niki sering diajak mualimatan; ziarah ke Makam wali-wali, atau wali songo. Itu kalau kita ziarah ke Makam wali, Mbah wali tahu dan ngerti sedang jenengan ziarahi.


Wallahu a'lam bis showab...

Materi untuk khutbah minggu depan

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)