Tuesday, April 21, 2009

Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

PENGERTIAN

Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab adalah penyusunan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan interaktif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan menarik. Media pembelajaran yang dimaksud dapat berupa alat peraga pembelajaran, media
pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau model-model pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.

C. TEMA
Menumbuhkan budaya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang inovatif, kreatif, dan interaktif.

D. TUJUAN
1. Memotivasi Madrasah Aliyah, khususnya guru PAI dan Bahasa Arab dalam membuat media pembelajaran.
2. Memasyarakatkan media pembelajaran sebagai penunjang proses pembelajaran di Madrasah Aliyah khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
3. Menumbuhkan budaya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang inovatif, kreatif, dan interaktif melalui pembuatan media pembelajaran.
4. Memberikan penghargaan terhadap Madrasah Aliyah, khususnya guru PAI dan Bahasa Arab yang membuat media pembelajaran.

E. TARGET
Terseleksinya media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah yang berkualitas bagi peningkatan mutu guru dan pembelajaran.

F. KRITERIA PESERTA
1. Peserta adalah tim yang mewakili Madrasah Aliyah yang dibuktikan dengan surat dari Kepala Madrasah.
2. Tim adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau Bahasa Arab dan boleh berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain, tenaga administrasi, laboran, atau siswa (maksimal 4 orang) yang memiliki kemampuan merancang media pembelajaran dari Madrasah Aliyah yang bersangkutan.
3. Anggota tim tidak boleh menjadi anggota tim lain.
4. Satu tim hanya boleh mengirimkan satu karya.
5. Setiap Madrasah Aliyah dapat mengirimkan lebih dari satu tim.
6. Bagi tim yang dinyatakan sebagai nominator, satu orang perwakilan tim akan diundang panitia untuk mengikuti penjurian tahap akhir berupa wawancara dan presentasi.
7. Setiap tim mengisi dan melengkapi formulir.
8. Melengkapi surat pernyataan bermaterai tentang :
a. Originalitas karya
b. Karya belum pernah dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba sejenis

G. PERSYARATAN KARYA
Media Pembelajaran Pendidikan Islam dan Bahasa Arab yang disusun tim dari Madrasah Aliyah hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini.
1. Judul media pembelajaran berdasarkan standar isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah (Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008)
2. Media pembelajaran yang dibuat mendorong pembelajaran yang aktif dan interaktif
3. Media pembelajaran yang dibuat telah diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas

H. KERANGKA NASKAH
Karya media pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran dikelas disusun dalam bentuk naskah yang diketik pada kertas A4 menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 point dan spasi 1,5 dengan sistematika penyusunan naskah sebagai berikut:
1. Pendahuluan (berisi latar belakang pembuatan media pembelajaran)
2. Nama media pembelajaran (berisi nama media pembelajaran, mata pelajaran, dan sasaran kelas/semester)
3. Tujuan (berisi tujuan yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran)
4. Waktu (berisi pelaksanaan penggunaan media pembelajaran di kelas)
5. Media pembelajaran (berisi deskripsi media pembelajaran, cara penggunaan)
6. Langkah-langkah pembelajaran (menggambarkan skenario pembelajaran, uraian materi, dengan melampirkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran)
7. Evaluasi pembelajaran (berisi teknik evalusai, instumen, dan hasil evaluasi)
8. Data pendukung
a. Gambar/foto media pembelajaran yang dibuat
b. CD media pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi beserta petunjuk instalasi dan penggunaannya
c. Foto aplikasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas
d. Informasi lain yang dianggap perlu

I. KETENTUAN KHUSUS
1. Peserta mentaati ketentuan yang ditetapkan panitia.
2. Panitia tidak bertanggungjawab jika di kemudian hari ada gugatan dari pihak lain berkaitan dengan karya lomba.
3. Hak cipta atas karya tetap menjadi milik peserta, sedangkan Direktorat Pendidikan Madrasah berhak untuk menggandakan, mempublikasikan, mendiseminasikan, dan mendistribusikan media pembelajaran yang terpilih.
4. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

J. PENGIRIMAN
1. Naskah agar diserahkan/dikirimkan melalui Kepala Bidang Mapenda Kanwil Departemen Agama Provinsi setempat selambat-lambatnya tanggal 15 Juni 2009 (cap pos).
2. Naskah dikirim sebanyak 3 (tiga) eksemplar dengan 1 (satu) asli dan 2 (dua) fotokopi.
3. Menyertakan formulir lomba, surat keterangan dari kepala madrasah, foto copy identitas diri anggota tim, dan surat pernyataan originalitas karya dan karya belum pernah dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba sejenis.
4. Naskah yang dikirim kepada panitia tidak dikembalikan dan menjadi milik Panitia.
5. Kepala Bidang Mapenda kemudian mengirimkan karya tersebut kepada:

Panitia Lomba Pembuatan Media Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab MA
Subdit Kurikulum dan Evaluasi – Direktorat Pendidikan Madrasah
Komplek Departemen Agama RI Lantai 7 Blok C
Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat
Telp./Fax. (021) 3520951

Info Lebih detail: buka www.depag.go.id

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com