Tuesday, September 28, 2010

Kesempatan Kerja di VOA

VOA menawarkan beberapa tipe posisi pekerjaan:

1. Pekerja Tetap - Regular Full-time Employee (FTE)
2. Pekerja Kontraktor - Purchase Order Vendors (POV)
3. Pekerja Magang - Intern
4. Pekerja Reporter Lepas - Stringer
5. Pekerja Beasiswa - PPIA dan VOA Broadcasting

Ada beberapa cara untuk dapat bekerja di Voice of Amerika Seksi Indonesia, antara lain adalah silahkan mengunjungi Web site http://www.usajobs.com atau http://www.opm.gov.

1. Regular Full-Time Employee

International Broadcaster (IB)

Deskripsi Pekerjaan:
IB melakukan banyak peran/tugas penting dalam proses siaran. Tugas-tugas itu adalah sebagai reporter, penulis naskah, penterjemah, moderator, produser, dan juga penyiar. Tugas itu juga meliputi sebagai supervisor dan mengepalai tim, memberikan motivasi dan memimpin karyawan lainnya.

Status:
IB adalah pegawai pemerintah federal yang bekerja untuk International Broadcasting Bureau (IBB). Sebagai IB, karyawan mendapat berbagai tunjangan dari pemerintah, antara lain: asuransi kesehatan, liburan dan cuti sakit, pensiun, dsb.

Visa dan Ijin Kerja:
IB harus memiliki visa dan ijin kerja yang sah untuk bekerja di Amerika Serikat (bagi yang bukan warganegara Amerika). Dalam hal tertentu, VOA akan mensponsori pemberian visa J-1 kepada mereka yang bukan warganegara Amerika dan terpilih/terseleksi menjadi IB.

Persyaratan:
IB harus lancar berbahasa Indonesia dan memahami dengan baik bahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis. IB harus memiliki pengetahuan mengenai pemerintahan, politik, kebudayaan, dan wawasan dunia, baik di Amerika Serikat dan Indonesia. Calon IB harus memiliki pengetahuan setaraf lulusan sarjana Ilmu Komunikasi. Pengalaman dalam jurnalisme penyiaran atau bidang terkait diperlukan pada hampir semua tingkat/golongan IB. Pekerjaan IB meliputi menulis dan mengedit dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Calon harus lulus ujian tertulis yang menunjukkan kemampuannya untuk menerjemahkan dan mengadaptasi/menyadur bahan-bahan siaran.

Bagaimana Cara Mendaftar?
Silakan lihat pengumuman lowongan kerja di website VOA bagian personalia:

http://www.bbg.gov/about/jobs/index.html

Surat lamaran harus ditulis dalam bahasa Inggris dengan menerangkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan yang disebutkan dalam pengumuman, dan melampirkan resume atau CV. Kirimkan surat lamaran dan Resume Anda ke:

IBB - Office of Personnel
Delegated Competitive Examining Unit
Room 1543
330 Independence Ave, SW Washington, D.C. 20237

Jangan kirim surat/surel langsung kepada VOA Indonesia.

Kompensasi:
Daftar gaji berdasarkan General Schedule Pay Plan 2009 (dari www.OPM.gov) dapat dilihat berikut ini. Karyawan akan menerima gaji berdasarkan tingkat keahlian, ditentukan oleh sistem penggolongan menurut GS. Berikut ini gaji permulaan dari masing-masing tingkat golongan GS.

GS-9 50.408 dolar/tahun
GS-11 60.989 dolar/tahun
GS-12 73.100 dolar/tahun

2. Purchase Order Vendor (POV)

Deskripsi pekerjaan:
Purchase Order Vendors hampir sama dengan pegawai tidak terikat (kontraktor) yang menerjemahkan, meneliti, menulis dan membaca skrip berita yang layak-siar. Mereka terlibat dalam seluruh aspek proses siaran radio atau televisi. Seorang POV juga dapat terlibat dalam produksi televisi dan pengelolaan Web site serta layanan E-mail. Selain itu POV juga dapat mengerjakan proyek khusus seperti kampanye promosi VOA.

Status pekerjaan:
POV dianggap sebagai kontraktor luar atau konsultan. Ini berarti mereka tidak menerima tunjangan seperti asuransi kesehatan atau bayaran saat cuti. POV disewa menurut order kerja yang bersifat tetap.

Izin visa dan kerja:
Untuk menjadi POV, calon harus warga negara AS atau memiliki izin kerja di Amerika. VOA tidak memberikan bantuan dalam hal izin kerja. Mahasiswa atau mereka yang baru lulus dan memiliki visa F atau J dapat menjadi POV dengan menggunakan izin practical training dan optional practical training (OPT) lewat institusi akademik mereka.

Persyaratan:
POV harus lancar berbahasa Indonesia dan memiliki pengetahuan bahasa Inggris dengan baik, serta mengenal budaya dan politik AS. Latar belakang dalam bidang komunikasi merupakan suatu keuntungan. Calon harus melewati ujian yang terdiri dari empat bagian untuk menunjukkan kemampuan mereka menerjemahkan, menulis berita dan membaca berita. Bila terpilih, calon harus mengikuti pemeriksaan latar belakang dan keamanan sebelum mulai bekerja.

Pendaftaran: Kirimkan resume dan cover letter Anda ke Norman Goodman, Kepala Indonesian Service, di ngoodman@voanews.com. Setelah seleksi tahap pertama, calon akan diundang untuk mengikuti wawancara dengan seorang wakil dari Indonesian Service. Setelah itu ada ujian yang terdiri dari empat bagian, termasuk: menerjemahkan delapan berita pendek, satu tajuk rencana, menulis berita dengan 300 kata dalam bahasa Indonesia, serta membaca dua berita pendek. Hasil ujian akan diumumkan dalam waktu satu minggu.

Kompensasi:
Kompensasi berkisar antara 50 hingga 70 dolar untuk tiap tugas, tergantung pada kewajiban dan pengalaman kerja sebelumnya. Satu tugas terdiri dari empat jam.

2 (i) Web Content Specialist (Contractor) – Jakarta

VOA mencari Spesialis Pengelola Isi Web (Web Content Specialist) bagi voaindonesia.com untuk ditempatkan di kantor VOA Jakarta. Status karyawan adalah sebagai karyawan kontrak (Purchase Order Vendor) dan kompensasi yang ditawarkan sesuai dengan pasaran gaji yang kompetitif. VOA tidak menanggung asuransi kesehatan, pajak penghasilan, dana pensiun maupun cuti tahunan dan cuti sakit.

Deskripsi Pekerjaan:

1. Mengadaptasi
a. berita radio dan televisi, termasuk di antaranya breaking news, menjadi artikel tepat waktu untuk website VOA Indonesia,
b. laporan feature dan human interest, menjadi artikel yang menarik, enak dibaca dan faktual untuk dimuat di website,
c. laporan stringer mengenai current affair dan berbagai isu, menjadi artikel berita maupun feature untuk website.
2. Menerjemahkan artikel feature web produksi kantor berita VOA English ke dalam bahasa Indonesia.
3. Menyeleksi dan mengedit foto untuk artikel dan slide show di website.
4. Mengunggah klip audio/video ke dalam artikel-artikel di website.
5. Melakukan posting dan memperbarui (update) di akun-akun VOA Indonesia di berbagai situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Yahoo Mim, Kaskus).
6. Menyeleksi dan memuat komentar pembaca di website, serta menjawab komentar dan pertanyaan dari penggemar/pengikut VOA Indonesia di Facebook, Twitter, dll.
7. Berkesempatan menulis blog mengenai berbagai peristiwa dan terkini di Indonesia, Amerika Serikat dan dunia.

Persyaratan:
1. Memiliki kemampuan mendalam untuk menilai berita. Mempunyai pengalaman jurnalistik menulis bagi media terkemuka sedikitnya selama dua tahun.
2. Mempunyai pengalaman menulis bagi website terkemuka dan memiliki pengetahuan mutakhir mengenai perkembangan/tren di bidang jurnalisme online setidaknya selama setahun.
3. Dapat mengoperasikan berbagai piranti lunak web dan Photoshop.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris dengan baik dan benar, dapat menerjemahkan dan mengadaptasi berita dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.
5. Memiliki keterampilan menulis dengan kreatif, dapat mengadaptasi skrip radio/televisi menjadi artikel website.
6. Paham mengenai perkembangan berita dan isu-isu terkini dalam negeri Indonesia dan internasional.
7. Memiliki pengetahuan mengenai media dan khalayaknya di Indonesia.
8. Mampu bekerjasama dalam tim.
9. Mampu bekerja dengan tenggat waktu (deadline) yang ketat.

Cara melamar:
Kirimkan surat lamaran dengan menjabarkan kualifikasi Anda dan mencantumkan kompensasi yang Anda usulkan per bulan, per minggu atau per hari. Lampirkan:
1. Curriculum Vitae
2. Bukti nilai TOEFL atau tes bahasa Inggris sejenis ataupun program sertifikasi
3. Dua contoh terjemahan, satu halaman per contoh
4. Tiga contoh artikel cetak atau online yang pernah Anda terbitkan.

Lamaran harus dikirim lewat email ke dua alamat ini: aastuti@voanews.com dan fdemon@voanews.com.

Lamaran harus kami terima selambat-lambatnya 15 Oktober 2010.

3. Pekerja Magang (Intern)

Pekerja magang umumnya adalah para mahasiswa yang mencari pengalamankerja di bidang jurnalistik di Voice of America.

Deskripsi Pekerjaan:
Pekerja magang kebanyakan terlibat dalam pekerjaan pengumpulaninformasi dan penerjemahan. Mereka juga berpeluang memperoleh pengalaman langsung di bidang penyiaran TV dan radio.

Status Pekerjaan:
Pekerja magang tidak mendapat fasilitas dan bekerja tanpa kompensasi.

Visa dan Ijin Kerja:
Pekerja magang harus warga negara Amerika atau mempunyai ijin kerja diAmerika yang sah. Para mahasiswa dengan visa F atau J dapat bekerja sebagai pekerja magang.

Persyaratan:
Pekerja magang harus memperlihatkan kemahiran berbahasa Indonesia, memiliki pengetahuan yang baik mengenai bahasa Inggris, dan kebudayaan serta politik Amerika. Lebih disukai apabila memiliki latar belakang di bidang komunikasi atau jurnalistik.

Cara Melamar: Silakan berkunjung ke website personalia berikut ini:

http://www.voa.gov/interns

Calon harus mengirimkan resume beserta surat pengantar sebelum atau pada waktu yang sudah ditentukan ke:

Janice Albritton-Pollock
International Broadcasting Bureau
330 Independence Ave, SW, Rm.1543
Washington, DC 20237

Harap nyatakan minat Anda untuk bekerja di seksi Indonesia dan kemampuan bahasa Anda, juga kapan Anda siap untuk bekerja. Calon harus memasukkan lamaran sekurang-kurangnya 4-6 minggu sebelum mulai kerja magang.

Kompensasi:
Pekerja magang memperoleh pengalaman kerja tanpa kompensasi.

4. Stringer

Deskripsi Pekerjaan:
Stringer di Indonesia melakukan riset, menulis serta mengisi suara untuk materi siaran mereka. Mereka mengirim laporan ke VOA Siaran Indonesia ke Washington, DC, dan diberi imbalan bila laporan itu diudarakan.

Satus Pekerjaan:
Sringer diangkat sebagai reporter lepasan dan dibayar menurut pekerjaan yang dihasilkan. Stringer dapat memperoleh kartu tanda pengenal pers dari VOA. Stringer tidak mendapatkan tunjangan seperti asuransi kesehatan atau bayaran ketika cuti kerja.

Visa dan Ijin Kerja:
Stringer melaksanakan semua aspek yang menyangkut pekerjaan mereka diIndonesia, karenanya tak memerlukan ijin kerja dari pemerintah Amerika.

Kualifikasi:
Stringer harus menunjukkan kefasihan dalam Bahasa Indonesia serta memiliki latar belakang jurnalistik. Kebanyakan stringer VOA bekerja untuk organisasi pers cetak atau elektronik di Indonesia. Calon stringer haruslah wartawan berprestasi yang memiliki peralatan liputan radio, akses Internet, serta mesin faks untuk melakukan hubungan tetap dengan Washington, DC.

Cara Melamar:
Silakan kirim curriculum vitae Anda beserta surat lamaran ke Norman Goodman, Kepala Siaran Indonesia: ngoodman@voanews.com.

Imbalan:
Untuk setiap laporan yang diterima Redaksi dan diudarakan VOA, stringer mendapat imbalan $50. Stringer TIDAK mendapatkan imbalan untuk laporan yang tidak diudarakan.

5. Pekerja Beasiswa

VOA Indonesia dan Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) menawarkan kesempatan bekerja di VOA Indonesia selama enam bulan, melalui program Broadcasting Fellowship. Program ini mencakup biaya perjalanan PP, akomodasi, asuransi kesehatan, visa dan fiskal. Penawaran ini berlaku bagi lulusan baru di bidang jurnalisme dan penyiaran, dan bagi mereka dengan pengalaman kurang dari tiga tahun di bidang penyiaran atau media cetak. Program ini ditawarkan tiap tahun.

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com