Wednesday, August 17, 2011

Beasiswa Rp 10 M untuk 1000 Mahasiswa!

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan anggaran Rp 10 miliar pada APBD 2011 untuk pemberian beasiswa bagi 1.000 mahasiswa. Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Alam mengatakan, mahasiswa yang berhak mendapatkan adalah mereka yang terlibat dalam program "Cerdas Sultraku". Mahasiswa yang ikut dalam ’Program Cerdas Sultraku’ tersebut dijaring dari lulusan SLTA terbaik dari 12 kabupaten/kota se-Sultra, melalui seleksi yang sangat ketat.

"Mahasiswa yang akan menerima beasiswa dari dana tersebut, adalah mereka yang ikut dalam ’Program Cerdas Sultraku’," kata Nur Alam, di Kendari, Senin (15/8/2011).

Ia mengungkapkan, mereka yang dinyatakan lulus dalam seleksi itu akan langsung diterima menjadi mahasiswa di Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang, Jawa Tengah.

"Seluruh biaya kuliah, termasuk biaya hidup selama mengikuti kuliah di Unisula, akan dibiayai dengan dana beasiswa yang disiapkan dalam APBD Sultra pada setiap tahunnya," katanya.

Program Cerdas Sultraku, jelasnya, merupakan kerjasama antara Pemprov Sultra dengan Unisula Semarang. Melalui program tersebut kata dia, Pemprov Sultra setiap tahun mengirimkan mahasiswa kuliah di Perguruan Tinggi Islam tersebut sebanyak 1.000 orang, dengan biaya kuliah sepenuhnya ditanggung Pemprov Sultra.

Dalam kerjasama tersebut, Unisula hanya menyediakan kuota bagi putra putri asal Sultra kuliah di perguruan tinggi itu. Adapun, pemerintah provinsi membayar SPP hingga selesai kuliah. Dengan program ini, masyarakat, terutama orangtua mahasiswa diharapkan tidak lagi terbebani dengan biaya pendidikan di perguruan tinggi yang sangat mahal.

"Ini bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM), yang tidak bisa disamakan dengan pembangunan fisik yang bisa dilihat secara kasat mata," katanya.

Kebijakan memberikan beasiswa kepada 1.000 mahasisiwa setiap tahun itu, menurut Nur Alam, telah pula dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pemerintah Provinsi yang terbanyak memberikan beasiswa bagi mahasiswa. Rekor ini akan diserahkan secara resmi pada September 2011 mendatang.

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com