Saturday, September 3, 2011

Penerima Bidik Misi Undip 500 Mahasiswa

SEMARANG, KOMPAS.com - Kuota penerima beasiswa Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi) 2011 untuk Universitas Diponegoro Semarang ditambah oleh Ditjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional menjadi 500 mahasiswa. Hal itu dikatakan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi, Selasa (23/8/2011), di Semarang, Jawa Tengah.

"Sebelumnya, kami hanya mendapatkan kuota penerima beasiswa Bidik Misi sebanyak 225 mahasiswa. Kemudian ditambah oleh Ditjen Dikti sebanyak 275 mahasiswa, sehingga menjadi 500 mahasiswa," kata Sudharto.

Ia mengungkapkan, menyambut baik penambahan kuota yang juga diberikan pada perguruan-perguruan tinggi lainnya. Penambahan kuota penerima beasiswa ini dinilai bisa membantu mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga miskin mengakses pendidikan.

Menurut Sudharto, pihaknya saat ini sudah mengantongi nama mahasiswa yang akan diseleksi untuk menerima Bidik Misi tahun ini, berasal dari pendaftar Bidik Misi saat masih kuota awal yang tidak lolos seleksi. Sebelumnya, Undip mendapatkan kuota Bidik Misi untuk 225 mahasiswa.

"Ketika kuota yang kami dapat sebanyak 225 penerima Bidik Misi, kami telah melakukan seleksi dan mendapatkan mahasiswa sebanyak itu yang lolos seleksi menerima Bidik Misi. Sisanya, kami jadikan cadangan," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, saat kuota penerima Bidik Misi ditambah 275 mahasiswa, secara otomatis mahasiswa yang masuk daftar cadangan itu diseleksi lagi untuk mendapatkan tambahan kuota beasiswa Bidik Misi. Ia menegaskan, Undip akan memenuhi komitmen untuk memenuhi kuota 20 persen dari total daya tampung untuk mahasiswa miskin, antara lain lewat beasiswa Bidik Misi, dan lainnya akan diupayakan melalui pemberian beasiswa.

"Kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk mengajukan permohonan, mulai keringanan biaya, perpanjangan periode cicilan biaya kuliah, sampai pembebasan biaya," katanya. Tahun ini, total mahasiswa Undip mencapai 8.000 mahasiswa. Artinya, ada 1.600 mahasiswa yang difasilitasi mendapatkan beasiswa.

"Sebanyak 500 mahasiswa sudah difasilitasi lewat beasiswa Bidik Misi, berarti masih ada 1.100 mahasiswa lagi. Mereka ini nantinya kami fasilitasi lewat pemberian beasiswa dari Undip dan pihak-pihak lain," kata Sudharto.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Undip Warsito menjelaskan, para calon penerima Bidik Misi akan diseleksi secara ketat, mulai dari seleksi berkas, sampai visitasi atau kunjungan langsung ke rumah yang bersangkutan.

"Untuk cek berkas, kami lihat dari rekening listrik, pajak bumi dan bangunan (PBB). Kalau masih kurang, akan kami survei langsung ke rumah yang bersangkutan untuk mengecek seperti apa kondisi ekonomi calon penerima itu," katanya.

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com