Monday, October 17, 2011

UI Tawarkan Beasiswa untuk Jurnalis

DEPOK, KOMPAS.com -- Universitas Indonesia menawarkan beasiswa bagi jurnalis untuk menempuh studi pascasarjana atau program master. Beasiswa ini akan diberikan bagi wartawan yang telah lolos seleksi masuk Universitas Indonesia, baik pada 65 program studi master regular maupun 2 program studi master internasional.

Pendaftaran untuk program pascasarjana semester genap di UI dimulai pada 10 Oktober hingga 25 November 2011. Adapun ujian masuk dilaksanakan pada 4 Desember 2011.

Tawaran beasiswa pendidikan bagi jurnalis tersebut disampaikan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Kampus UI Depok, Senin (10/10/2011). Pada kesempatan ini, Rektor UI juga meresmikan media center UI yang bertempat di perpustakaan The Crystal Knowledge. Gumilar mengatakan media center UI itu diresmikan sebagai Pusat Informasi Indonesia.

Pusat informasi itu dapat dimanfaatkan para jurnalis untuk mengakses jaringan informasi yang tersedia di perpustakaan. Ruangan berukuran 4 x 6 meter itu terletak di kawasan perpustakaan baru UI, The Crystal Knowledge.

Menurut Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rahmawati, perpustakaan UI memiliki 2,5 juta koleksi buku fisik (antara lain text book, referensi, majalah). Dari jumlah koleksi buku itu, 50.000 di antaranya ialah karya sivitas akademik UI, seperti karya akhir, mulai dari skripsi hingga desertasi, karya penelitian dosen, artikel dan jurnal. Setiap tahun UI menghasilkan 10.000 karya ilmiah yang dikenal dengan sebutan UI ANA.

Perpustakaan UI memiliki koleksi online database internasional terbesar di Indonesia dengan jumlah 80 judul. Untuk investasi ini, sejak tahun 2008, UI setiap tahun mengeluarkan dana Rp 6 miliar.

Dengan fasilitas ini, seluruh pengguna perpustakaan UI dapat tersambung langsung dengan data-data dari seluruh dunia, seperti Harvard Business School. Akses terhadap online database mudah dilakukan, karena UI saat ini memiliki bandwith sebesar 650 mbps, yang juga terbesar di Indonesia.

Hal ini juga ditunjang dengan infrastruktur storage data sejumlah 345 Terra, yang meningkat 690 persen sejak tahun 2007.

Dengan bermarkas di kampus UI Depok, para wartawan akan selalu memiliki akses terhadap informasi baik itu berupa aktivitas para peneliti UI, para dosen, mahasiswa, karya-karya ilmiah, seminar, dan lokakarya.

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com