Saturday, May 19, 2012

Komik Tokoh Dunia: Nelson Mandela

Koleksi: Perpustakaan Keliling Yayasan Alam Tata Amaliah (Riung Center)
Tahun Beli: 2012

Saya membaca buku komik ini, dan menghabiskannya tak kurang dari setengah jam. Buku ini memberikan gambaran tentang sosok Nelson Mandela. Selama ini, saya hanya mendengar namanya saja. Mendengar bahwa dia seorang yang punya jasa besar bagi masyarakat kulit hitam, Afrika khususnya.

Buku ini dengan begitu jelasnya memberikan gambaran dan pengetahuan bagi saya tentang beliau. Formatnya yang berbentuk komik, membuatnya mudah dicerna oleh siapa pun. Anak-anak juga. Buku ini menjadi recomended untuk orangtua yang hendak mengenalkan sosok pahlawan bagi rakyat Afrika dan masyarakat dunia khususnya. Perjuangannya menolak politik apartheid, memberikan perubahan besar bagi dunia. 
Saya bahkan tak pernah membayangkan bahwa (di zaman modern) pernah ada pembedaan-pembedaan manusia hanya karena ia berbeda warna kulit, yang sampai segitunya.
- Mereka dilarang masuk ke toko tertentu hanya karena berkulit hitam
- Mereka dilarang ke taman hanya karena berkulit hitam
- Mereka dilarang bersekolah di tempat tertentu hanya karena berkulit hitam
- Mereka harus selalu membawa kartu PAS (semacam kartu identitas) saat keluar rumah, hanya karena mereka berkulit hitam.

Padahal, jauh sebelumnya Rasulullah SAW dengan tegas menghapus pembedaan warna kulit, ras, dan bangsa.
"Tidak ada yang menjadikan Arab lebih mulia dari selainnya, kecuali dengan takwa."

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com