Tuesday, January 24, 2017

Mabadi' Ushul Fiqih

《 Mabadi' Ilmu Ushul Fiqih 》

Buku yang kami gunakan dalam pelajaran Ushul Fiqih  (MAU) ialah
مبادئ أولية
Karya Ustadz Abdul Hakim Hamid
Kitab legendaris di pondok kami, karena ia juga digunakan untuk rujukan mata pelajaran Qowaid Fiqhiyyah sejak bertahun-tahun.

Penjelasan di dalamnya cukup ringkas dan sistematis
Memudahkan siswa memahami

Namun, bagi guru, kitab ini jelas amat jauh dari kata cukup
Apalagi bagi saya yang tidak punya background akademis jurusan Ushul Fiqih
Untungnya, di MA Mts Infarul Ghoy Tritunggal,
Kami menggunakan kitab (yang isinya hampir sama) berjudul
مفتاح الوصول في علم الأصول
Kitab berbahasa Indonesia dengan tulisan pego ini, sistematikanya mirip dengan kitab pertama. Tapi, ia punya penjelasan lebih lengkap.
Sehingga menjadi modal berharga bagi saya saat bereksplorasi dalam menjelaskan kajian Ushul Fiqih dengan kitab Mabadi'.

Di sisi lain,
Saya merasa amat perlu mengkaji  (dan mengkhatamkan) kitab ayat ahkam ini
(Malu, belum khatam)
Sebagai tambahan informasi yang bisa saya sampaikan kepada murid2

Kitab karya Syaikh Ali as-Shabuni ini hebat
Tapi, anehnya, kitab Tafsir beliau pernah diboikot* lewat sebuah fatwa yang saya baca dari sebuah software fatawa.

*difatwakan haram dan berdosa bagi yang membeli atau membagikan kitab beliau;
صفوة التفاسير



@mskholid @ruanginstalasi Blogger | Wirausaha

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)