Sunday, May 5, 2024

Hafal Lewat Pembiasaan


• Hafal Lewat Pembiasaan •

Syekh Yusri Gabr, ulama Mesir mulai menghafal Alquran ketika di bangku kuliah. Jurusannya kedokteran. 😍

Di sebuah kanal youtube, saya menyimak pengakuan beliau terkait tips beliau menghafal Alquran.

"Tentu saja, saya tidak membaca Alquran dan menghafalkannya sehari-hari. Lalu setoran. Tidak seperti itu. Saya sibuk dengan kuliah saya. Tidak sempat untuk menghafal dan setoran hafalan ke guru," tips awal beliau.

"Caranya, saya memulai dengan mendengar 1 rubu' dalam Alquran. Yang saya masukkan rekaman ngajinya Syekh Al-Hushary. Rekaman itu yang saya dengar setiap hari. Sebelum subuh, bakda subuh, dalam perjalanan ke kampus, habis sholat, waktu istirahat kuliah, hendak tidur."

"Setiap hari, saya hanya mendengar rekaman ngaji 1 rubu' itu selama seminggu penuh. Dan saya gunakan bacaan untuk sholat-sholat sunnah. Tanpa terasa, saya sudah hafal 1 rubu' itu hanya lewat mendengarnya."

"Minggu berikutnya, saya berganti rubu' kedua. Saya mendengarnya setiap hari dengan intensitas tinggi selama seminggu. Sambil menggunakannya di dalam bacaan sholat² sunnah. Begitu seterusnya."

"Hingga saya hafal 5 juz, saya baru bertemu syekh guru saya ahli Quran. Saya bilang; hendak setoran bacaan saya sudah bener apa belum." 

Begitulah proses yang beliau lakukan; tanpa duduk ndeprok membaca dan menghafalkan. Hanya mendengar, mendengar, dan mendengar, lalu menggunakannya di sholat sunnah setiap hari. Hingga selesai 30 juz. 😍

=== 

Rayyan ini, belum saya target hafalan banyak-banyak. Yang penting ada progress, dan ngaji rutin setiap hari.

Surat Al-Mulk, ini mulai saya perintahkan baca tanggal 20 an Ramadhan hingga selesai liburan Syawal. Ketika santri-santri libur pondok. Tiap hari dia baca Qurannya hanya Al-Mulk. Habis Subuh, dan bakda Maghrib. Yang dibaca hanya Al-Mulk. Saya hanya menyimak dan membenarkan bacaaanya. 

Minggu ini saya suruh dia setoran surah Al-Mulk (dia belum pernah menghafalkan secara khusus).


Eh, ndilalah kok sudah hafal.

Alhamdulillah...

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)