Sunday, February 3, 2019

Akal Waras

• Akal Waras •

Kitab Al-Hikam adalah salah satu contoh karya yang dihasilkan dari akal yang benar-benar waras. Isinya, mestinya biasa dan normal-normal saja, bagi orang yang akalnya waras.
Tapi, menjadi sulit dimengerti bagi yang akalnya tidak waras.

Misalnya,
Pada Hikmah ke 126:
منعك أن تدعي ما ليس لك -- مما للمخلوقين. أفيبيح لك أن تدعي وصفة ، وهو رب العالمين؟؟!

...

Allah SWT melarang kita mengambil uang orang lain, padahal sama-sama makhluknya.
Allah SWT melarang kita mengklaim barang yang dimiliki orang lain, padahal dia itu statusnya sama-sama makhluknya dengan kita.
Maka, pastinya Allah lebih melarang kita mengambil sesuatu yang menjadi hak Allah.

Contoh,
Yang berhak menentukan nasib seseorang itu husnul khotimah atau suul khotimah, hanyalah Allah.
Maka, jangan sok-sok an mengambil hak Allah dengan mengatakan orang lain (yang fasiq) pasti suul khotimah.

Contoh lagi.
Yang berhak menentukan nasib seseorang ahli surga atau ahli neraka itu Allah SWT.
Maka, jangan sok-sok an kita menyebut si A itu ahli neraka atau si B ahli surga. Sebab, itu sama saja kita telah melewatkan akal waras kita dengan cara mengambil hak Allah.

Padahal, mengambil hak orang lain--yang sesama makhluk saja gak boleh. Apalagi mengambil hak Dzat yang menciptakan makhluk. Dzat yang menguasai jagat raya.

Demikian pula contoh-contoh hikmah lainnya dalam kitab al-Hikam.
Semuanya menunjukkan karakter akal waras.


Babat, 3 Pebruari 2019
@mskholid

~ disarikan dari ngaji bareng Gus Baha' #qashas_1-10

Friday, January 25, 2019

Trik Marketing; Positioning

POINT berikutnya setelah diferensiasi—dalam bukunya Hermawan Kartajaya—adalah positioning. Boleh kan saya mencoba bergurau tentang positioning ini dengan memaknai lain. Tapi, saya jamin masih dalam lingkup dunia marketing dan keahlian menjual yang begitu aku kagumi.

Posisioning adalah menempatkan diri. Jadi, agar produk yang Anda jual laku dan dibeli, Anda harus mempososisikan tempat jualan Anda di tempat yang tepat.

Sebelumnya, saya atau mungkin Anda yang belum pernah ke Pondok Indah tidak pernah membayangkan bahwa di lingkungan perumahan yang terkenal sebagai perumahan elit, milik orang-orang berduit itu ada penjual gorengan, nasi goreng, mie ayam, kacang rebus, soto, ketoprak, atau aneka makanan rebusan. Hingga pada suatu ketika ada undangan khataman (baca al-Quran hingga khatam 30 juz) dari salah seorang penghuni perumahan Pondok Indah. Bersama beberapa orang teman, saya ‘menjalani’ undangan tersebut.

Nah, di sela-sela ngaji yang berlangsung selama beberapa hari itu, kami memerlukan makanan atau tepatnya jajanan ‘biasa’ (karena makan dan minum sudah terjamin dari pemilik rumah) yang menjadi cemilan kami. Yach...jajanan sejenis gorengan, kacang rebus, kedelai rebus, jagung rebus, dan sebagainya. Awalnya, kami terbayang akan berjalan jauh mencari dengan asumsi bahwa di lingkungan elit tersebut kami tidak akan menemukan apa yang kami cari. Ternyata, keluar beberapa ratus meter saja, kami sudah menemukan apa yang kami ingini.

Kemudian, penemuan kedua saya alami waktu bekerja di daerah Pondok Pinang—tapi tempatnya lebih dekat dengan Pondok Indah—yang juga dihuni perumahan-perumahan elit dan penghuni golongan atas. Ternyata, di sana juga saya temukan tukang gorengan, tukang jual mie ayam, jual soto ayam, tukang sayur, ketoprak, nasi goreng, gado-gado, dan aneka penganan lainnya.

Saya juga menemukan semacam warteg (saya bilang ‘semacam’ karena pemiliknya bukan orang Tegal, tapi orang Sunda). Warung yang menjual nasi dengan kualitas di bawah rata-rata, rasa standar, dan yang paling penting mengenyangkan. Dan, tahu nggak? Itulah warung langganan saya ketika makan siang. Hehehe.....

Kembali ke bahasan awal,
Kira-kira apa yang Anda simpulkan dari dua contoh “kejadian nyata” di atas? Benar! Mereka, para penjual itu adalah orang yang cerdas dalam hal posisioning. Saya tidak yakin mereka pernah membaca—atau bahkan sekadar melihat—buku tulisan Hermawan Kartajaya.

Mereka mempelajari dengan baik pasar dan melihat bahwa ada peluang pasar yang tidak tersentuh. Di situlah kemudian mereka bermain. Karena pasarnya jelas, dagangan mereka pun laku keras, bahkan bisa jadi mengalahkan padagang kaki lima yang berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Anda yang tidak jeli pasti tidak akan dapat membaca bahwa di balik orang-orang kaya di Perumahan Pondok Indah itu, pastilah ada orang-orang bawahan (sebenarnya tidak bawahan), seperti pembantu, tukang sapu, satpam, sopir, tukang kebun, ataupun tukang bangunan. Pendapatan mereka tentu saja njomplang jika dibandingkan majikan mereka. Dan tentu saja apa yang menjadi konsumsi mereka sehari-hari pun berbeda. Mereka membutuhkan gorengan yang orang kaya mungkin tidak mau beli karena kurang hieginis. Mereka membutuhkan nasi goreng yang berharga 5 ribuan. Tidak seperti yang orang-orang kaya itu beli. Tinggal telepon, langsung diantar. Mereka membutuhkan makanan kelas warteg, yang meski nasinya agak keras asal mengenyangkan perut. Nah, di sinilah pedagang-pedagang ‘kecil’ itu masuk.

Sesungguhnya, itu adalah pasar yang besar. Pendapatan dari penjualan di sana akan mencukupi Anda hidup sebulan bersama istri dan anak-anak. Sekali lagi, asal Anda jeli memosisikan diri dan dagangan Anda. Bahkan mungkin ‘gaji’ Anda mengalahkan gaji orang-orang kantoran yang jadi konsumen Anda—yang terlihat lebih keren itu. Hehehe...

Untuk melebarkan pasar, Anda dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Ada beberapa cara. Yang pertama, istilah pembeli adalah raja masih sangat relevan dan efektif dalam menjaga tingkat penjualan Anda. Yang kedua, Anda dapat meningkatkan kebersihan komoditi yang Anda jual. Ketiga, buat inovasi-inovasi baru yang menarik. Keempat dan berikutnya, Anda bisa kreatif menemukannya dengan melihat macam apa konsumen sasaran Anda.

Sampai jumpa,

Salam...

Ciputat, 21 Februri 2008

Kekasih Takdianggap


Aku mentari tapi takmenghangatkanmu
Aku pelangi, takmemberi warna di hidupmu
Aku sang bulan, takmenerangi malammu
Akulah bintang, yang hilang ditelan kegelapan

Selalu….
Itu yang kau ucapkan padaku…

………

Coba Anda simak baik-baik bait sebuah lagu di atas.
Apa yang janggal?
Ya, tepat!
Bagaimana mentari kok takmenghangatkan?
Bagaimana bisa pelangi takmemberi warna?
Bagaimana bulan takmenerangi?

Apa yang terjadi?
Bisa jadi, itu adalah mentari yang tertutp gerhana
Bisa jadi, ia hanyalah gambar pelangi
Bisa jadi, ia adalah bulan-bulanan
Bisa jadi pula, ia adalah mainan bintang

Atau…
Jangan-jangan yang bersangkutan (penyanyi) Cuma mengaku-ngaku bahwa dirinya adalah sang mentari, palangi, bulan, atau bintang.
Jadi, sebenarnya takada seorang pun yang menyatakan dirinya seperti itu semua.
Karena itulah,
Tidaklah pantas dia bersedih atas perlakuan kekasihnya sebagai seorang kekasih yang takdianggap.

Terima saja, karena itulah kenyataan dirinya. Dia pun harus segera bangkit dari keterpurukan dan tidak terlena dengan pujian atau sanjungan—yang sumbernya dan dasarnya tidak jelas.
Jika tidak, ia akan terus lemah dan takberdaya karena merasa dirinya sudah baik da terlalu baik—sehingga taklagi perlu memperbaiki diri—padahal orang yang baik sesungguhnya adalah yang setiap hari semakin bertambah baik.

Ciputat, 16 Maret 2008

Cerpen Adik Dimuat di Majalah UMMI

Kaget, setengah tak percaya saya. waktu adikk saya SMS memberitahu bahwa cerpennya dimuat di majalah Ummi. bener apa guyon ini? pikir saya... tapi dari nada ekspresi di bahasa tulis di SMS, sepertinya dia serius. wah, kalau memang benar kedahuluan nih kakaknya.... heheehhe....

dia memaksa saya; pokoknya harus beli majalah Ummi. biar tau. katanya. malam itu, pulan g kerja saya mampir di kios penjual koran dan majalah di dekat kosan saya, ciputat.
"ada majalah Ummi, Bang?" tanyaku.
"ada nich..." jawab abang penjual sambil senyum-senyum...
lho, kok senyum-senyum sich....? pikirku
pasti dia heran, majalah Ummi kok yang beli anak muda kayak aku. gitu kali...
tapi yang pasti dia kelihatan seneng. maklum kan, jualannya laku! hehehe....

habis bayar, tak sabar saya buka-buka majalah. saya cari di bagian cerpen kok ga ada. saya telurusi kembali dari awal barangkali terlewat. kok masih ada? bohong kali adek saya. ngaku-ngaku tulisannya dimuat di majalah. setelah agak lama, aku baru ingat kalo dia sempat bilang tulisannya masuk di 'sisipan' PERMATA. yakni sisipan di Majalah Ummi yang memang dikhususkan untuk anak-anak....

saya, cari kembali. eh, ketemu... judulnya membuat saya tersenyum, "Sayur Sop Buatan Arini" yang bikin saya tersenyum ya nama tokoh utama di cerpen itu. Arini. ya, dia adalah nama adek saya yang masih di desa. pasti Arini senang sekali namanya masuk Ummi. hehehe....

saya langsung telpon ke rumah. tanya apa adek saya uda bilang kalo cerpennya masuk di Ummi. iya, jawab mereka. namun, mereka belum sempat baca. katanya baru kemarin pesen ke pak tukang koran. dan, majalah baru diantat besoknya. begitu, jelas adik saya yang di rumah.... maklum, kami tinggal di desa. meski sudah agak ramai dan 'kutho' dibanding desa pada umunya, untuk nyari majalah seperti itu kami harus naik motor lumayan jauh. sekitar 20 menit...

yang membuat saya kagum adalah posisioning adik saya dalam menempatkan cerpennya. teman-teman yang sudah akrab dengan majalah Ummi pasti tahu betapa berat persaingan untuk masuk

Uang Receh 500 an yang Bikin Tenang


Bawa mobil kalau belum ada recehan 500 an itu perasaan gimana ngono
Andaipun di dompet gak ada duit "besar" pun, kalau di dashboard sudah ada recehan 500, hati sudah tenang.

Apalagi kalau situasi perjalanan sedang ada "cegatan"--seperti dalam perjalanan Semlaran - Drajat, yang ada dua kali cegatan di wilayah Banajrmadu dan jembatan Karanggeneng.

Kalau sudah dicegat gitu, gak ngasih duit, itu rasanya gimmmaanaaa gitu
Amat gak enak.
Belum lagi saat membayangkan bagaimana perasan beliau-beliau yang merelakan waktunya kena panas terik matahari jagain lalu lintas perjalanan, lalu tidak kita kasih duit.

Walaupun recehan 500, itu amat berarti bagi mereka
Amat berarti untuk menjaga perasaan mereka
"Suwun, Pak...!"
"Suwun, Bos...!"
Itulah ungkapan mereka saat uang gopek melayang ke dalam kaleng

Sebaliknya,
Kalau gak dikasih, bisa nesu dan jengkel.
Kalau sudah jengkel, (kata Kiai Ghofur) bisa mengalirkan ion-ion negatif warna merah--dan itu bisa mempengaruhi kita yang tidak ngasih.
Tapi, ini masih lumayan.

Di beberapa lampu merah, terkadang ada gerombolan anak yang ngamen dan meminta recehan.
Kalau tidak dikasih ia lantas berulah
Didoretlah body mobil pakai uang recehan yang dia bawa
Clerettt kecil di body mobil itu, bisa menghabiskan ratusan ribu di bengkel supaya bisa mulus kembali.

Gara-gara recehan 500, rugi ratusan ribu...!
Seperti itu pulalah hidup.

Tidak mesti yang kita butuhkan itu selalu duit besar
Tidak selalu yang kita butuhkan dalam sebuah organisasi adalah kumpulan orang-orang hebat dan besar.
Kita kerapkali membutuhkan kombinasi antara uang merah, uang biru, uang hijau, dan uang gemericik recehan tersebut.

Coba perhatikan organisasi Anda.
"Dipikir-pikir, isinya orang hebat-hebat semua.
Tapi, kenapa organisasi tidak jalan dengan baik.
Ya itu...
Sebabnya adalah tidak ada "uang recehan" di organisasi itu."
Tidak ada yang mau mengambil peran recehan itu

____________
Setidaknya,
Ketenangan yang ditimbulkan uang recehan itu,
Seperti ketenangan yang diperoleh seorang pejabat saat disopiri sopirnya sendiri

Sebab,
Kalau tidak disopiri sopirnya sendiri,
Bisa-bisa nabrak #TiangListrik 😉😁😂😃😃😃😃

Bumi Mangrove Tuban, 16 Desember 2017

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)