Saturday, July 9, 2022

khutbah Idul Adha; Belajar Jadi Ayah Sukses dari Nabi Ibrahim

 Khutbah I

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ.

اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَاإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ. الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضَ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَّليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلَ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلّ وسّلِّمْ وبارك علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ.

 أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ: اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ . فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ 

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar ...

Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia...

Hari raya kurban atau biasa kita sebut dengan Idul Adha, yang kita peringati setiap tahun tak bisa lepas dari kisah Nabi Ibrahim alaihissalam. Sosok manusia pilihan ingkang patut kitho teladani dalam kehidupan sehari-hari. Julukan Nabi Ibrahim alaihissalam adalah Khalilullah (sang kekasih Allah) dan Abul Anbiya’ (bapaknya para nabi).

Sejarah mencatat; di antara 25 nabi yang diutus setelah Nabi Ibrahim, semuanya adalah anak keturunan Nabi Ibrahim as. Dari istri pertama; Sayyidah Sarah, Nabi Ibrahim dipun karuniai anak seorang Nabi yang Ishaq AS. Kemudian beliau melahirkan seorang nabi pula; inggih meniko Nabi Ya’qub As. Nabi Ya’qub As terkenal dengan nama Israel, sehingga anak keturunannya disebut dengan nama Bani Israel.

Bani Israel meniko, terkenal dengan kecerdasannya. Mayoritas nabi yang diutus setelah zaman Nabi Ibrahim berasal saking bani Israel. Beberapa nama nabi besar yang bisa kita sebut antara lain; Nabi Yusuf, Nabi Yunus, Nabi Ayyub, Nabi Dawud, Nabi Sulaiman, Nabi Musa, Nabi Yahya, hingga Nabi Isa alaihimus salam. Semuanya adalah di antara keturunan Nabiyyullah Ibrahim AS dari jalur istri yang pertama.

Dari istri kedua, yakni Sayyidah Hajar, Nabi Ibrahim AS dipun karuniai seorang putra yang saleh. Yakni Nabi Ismail AS, yang mana dari keturunan Nabi Ismail inilah akan lahir seorang manusia terbaik, nabi pamungkas di akhir zaman, sang Teladan; Baginda Rasulullah saw.

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Sebagai sosok seorang ayah, Nabi Ibrahim bisa dibilang sangat sukses. Terbukti dengan; Allah SWT memilih anak keturunan beliau sebagai para nabi yang berdakwah dan menyeru kepada Allah SWT. Kita sebagai orangtua, yang tentu saja bercita-cita nggadahi anak keturunan yang saleh dan salehah; perlu menyimak kembali sekilas perjalanan hidup Nabi Ibrahim AS sehingga bisa menjadi sosok khalilullah dan abul anbiya’---sosok manusia hebat yang melahirkan anak keturunan hebat pula.

Wonten beberapa pelajaran penting dari kehidupan beliau yang bisa kita petik hikmahnya;

Pertama, Hormat kepada Orangtua.

Nabiyullah Ibrahim as mempunyai seorang ayah bernama Azar. Ketika masih kecil, Ibrahim As sudah berbeda keyakinan dengan bapaknya—yang merupakan seorang pejabat negara urusan peribadatan (utawi ingkang ngurusi patung-patung berhala). Akan tetapi, ketika menasihati ayahnya yang syirik kepada Allah, Nabi Ibrahim tetap menunjukkan ketinggian budipekerti dan akhlak mulia yang ditunjukkan lewat perkataan dan sikap yang baik kepada ayahnya.

Beliau menolak kebiasaan ayahnya dan kaumnya, yang menyembah berhala dengan menggunakan kalimat pertanyaan. Wonten ing surah al-Anbiya’ (52-54) disebutkan dialog Nabi Ibrahim dengan ayahnya: 

اِذْ قَالَ لِاَبِيْهِ وَقَوْمِهٖ مَا هٰذِهِ التَّمَاثِيْلُ الَّتِيْٓ اَنْتُمْ لَهَا عَاكِفُوْنَ

“(Ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya, "Patung-patung apakah ini yang kalian tekun beribadat kepadanya?”

قَالُوا۟ وَجَدۡنَاۤ ءَابَاۤءَنَا لَهَا عَـٰبِدِینَ ۝٥٣

Mereka menjawab, "Kami mendapati bapak-bapak kami menyembahnya.”

قَالَ لَقَدۡ كُنتُمۡ أَنتُمۡ وَءَابَاۤؤُكُمۡ فِی ضَلَـٰلࣲ مُّبِینࣲ ۝٥٤

Dia (Ibrahim) berkata, "Sesungguhnya kamu dan nenek moyang kamu berada dalam kesesatan yang nyata."

Nabi Ibrahim AS juga menunjukkan sebuah argumen ingkang masuk akal. Beliau berkata sebagaimana yang disebutkan dalam surah As-Shaffat ayat 95: قَالَ أَتَعْبُدُونَ مَا تَنْحِتُونَ

"Apakah kamu menyembah patung-patung yang kamu pahat itu?”

Dengan kata-kata yang lembut dan masuk logis itulah, Nabi Ibrahim berharap supaya orangtua dan kaumnya bisa sadar dari kesesatan dan kemuyrikan. Bahkan, beliau juga mendoakan agar ayahnya itu mendapat hidayah dan ampunan Allah Swt.

رَبَّنَا اغۡفِرۡ لِىۡ وَلـِوَالِدَىَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَوۡمَ يَقُوۡمُ الۡحِسَابُ

Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)."

 

Kita, sebagai anak, terkadang berbeda pendapat atau pandangan dengan orangtua tentang suatu masalah tertentu. Seringkali, kita terbawa emosi, marah, benci, bahkan mungkin menjurus kasar kepada orangtua. Padahal, sesungguhnya perbedaan pendapat tersebut bisa diselesaikan dengan hati lapang dan keterbukaan. Padahal, perbedaan tersebut hanyalah urusan kecil—yang amat tidak sebanding dengan perbedaan keyakinan antara Nabi Ibrahim dengan ayahnya.

Pepatah Arab mengatakan: كما تدين تدان "Kamu akan diperlakukan sebagaimana kamu memperlakukan"

Keranten meniko, salah satu upaya kita nggadahi anak-anak keturunan ingkang shaleh salehah, anak-anak ingkang nurut dan berakhlakul karimah kepada orangtuanya ialah: memulai saking diri kita piyambak-piyambak. Yakni dengan cara berbuat yang baik, berkata yang sopan, lan taat dateng orangtua kita masing-masing. Fa-insya Allah, perilaku kita yang baik tersebut akan dilihat dan dados teladan anak keturunan kita; bagaimana cara memperlakukan orangtuanya.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd...

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Teladan Kedua saking Nabiyullah Ibrahim ialah: Beliau adalah Sosok cerdas yang menggunakan akalnya.

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَآ إِبْرَٰهِيمَ رُشْدَهُۥ مِن قَبْلُ وَكُنَّا بِهِۦ عَٰلِمِينَ . (الأنبياء - 51

Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelum (diutus menjadi Nabi), dan adalah Kami mengetahui (keadaan)nya.

Dalam Tafsir Al-Wasith, Syekh Sayyid At-Thantawi menyebutkan bahwa Nabi Ibrahim sudah diberikan kecerdasan dan kemampuan untuk memilah kebaikan dan kebatilan sebelum diutus sebagai Nabi—bahkan sebelum baligh. Keistimewaan inilah yang menjadikan Nabi Ibrahim alaihissalam tetap mempertahankan tauhidnya di tengah-tengah para penyembah berhala. Beliau tidak terbawa arus keyakinan mayoritas masyarakatnya. Beliau justru berupaya melakukan perubahan dan penyadaran atas kesesatan masyarakatnya. Sikap dan prinsip ingkang teguh meniko, menjadikan beliau senantiasa berpegang teguh dan bersandar hanya kepada Allah Swt.

Kita tentu masih ingat peristiwa ketika beliau sedang dibakar api yang menyala-nyala oleh Raja Namrud. Datanglah Malaikat Jibril AS menawarkan bantuan, “Wahai Nabi Ibrahim, apa yang bisa aku bantu?”

Nabi Ibrahim menjawab, “Mohon maaf, saya tidak butuh bantuan dari Engkau, wahai Jibril. Aku hanya butuh bantuan dari Allah azza wajalla.”

Allah kemudian berfirman:

قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ (69)

“Kami (Allah) berfirman, “Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!”

Hingga api unggun yang menyala-nyala meniko habis dan padam, Nabi Ibrahim tetap segar bugar. Tiada satu pun anggota tubuh beliau yang terbakar. Bahkan, sehelai rambut pun tidak ada yang terbakar.

Ilmu, akal cerdas, dan pendidikan tinggi meniko tentu saja bakal memberi manfaat manakala anugerah yang diberikan Allah tersebut, kita gunakan secara baik dan benar. Jangan sampai kelebihan akal dan ilmu, membuat kita skeptis dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Apalagi malah cenderung mengikuti arus yang terjadi di masyarakat. Jika orang-orang baik, orang-orang yang berilmu tidak lagi peduli dengan permasalahan yang terjadi di sekitarnya, maka tinggal menunggu saja saat-saat ketika nilai-nilai kebaikan yang sudah berjalan bertahun-tahun, akan diganti dengan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya.

Sikap peduli pada lingkungan sekitar, akan melahirkan karakter seorang pejuang. Tentu saja, sebagai orangtua, perilaku ini akan menjadi teladan bagi anak-anak kita. Keturunan kita akan manut lan mengikuti apa yang selama ini sudah kita perjuangkan; bisa dalam bentuk urip-urip agomo utawi kebaikan di lingkungan masyarakat. Bisa jadi, kebaikan dan kesuksesan yang kita perjuangkan belum tercapai di masa kita, akan tetapi baru tercapai dan diperoleh di zaman anak cucu lan keturunan kita.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd...

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Peristiwa ketiga dari kisah Nabi Ibrahim ialah kesabaran dan keteguhan hati beliau ketika meninggalkan anaknya Ismail kecil bersama Sayyidah Hajar di kota area Ka’bah dengan sedikit bekal. Ketika itu, Mekah tidak berpenduduk, tanahnya tandus, air pun sangat langka untuk didapat.

Ketika Ibrahim berbalik hendak pulang, Sayyidah Hajar memanggil-manggil Ibrahim—seakan mempertanyakan keputusan beliau meninggalkan anak dan istrinya di tanah Mekah tersebut. Berulang-ulang sang istri bertanya, namun Nabi Ibrahim tidak menoleh ke belakang dan tidak menjawab.

Hingga kemudian Sayyidah Hajar bertanya, “Apakah Tuhanmu yang menyuruh Engkau?”

“Iya,” jawab Ibrahim.

“Kalau memang demikian, kami tidak akan ditinggalkan (Allah).” Ujar Sayyidah Hajar.

Bagi orang yang tidak paham, mungkin akan menganggap Nabi Ibrahim sebagai raja tega yang tidak berperasaan kepada keluarganya. Anggapan ini jelas keliru! Apa yang dilakukan Nabi Ibrahim adalah atas perintah Allah SWT. Memang, ujian ini tidak ringan bagi beliau—apalagi harus meninggalkan anak satu-satunya yang sudah dinantikan sekian puluh tahun. Keengganan Ibrahim untuk berbalik, agaknya supaya tidak makin menunjukkan kepedihannya meninggalkan mereka berdua.

Teladan atas peristiwa ini bagi kita, mungkin akan kita temukan saat orangtua untuk pertama kalinya berpisah dengan sang buah hati. Manakala orangtua melepaskan anak tersayang untuk pergi ke pondok, mencari ilmu. Peristiwa tersebut, bisa jadi amat menyedihkan. Sang anak menangis, ayah dan ibunya juga menangis. Akan tetapi, kesedihan tersebut harus ditahan. Tidak boleh ditampakkan dihadapan sang anak—demi menyongsong masa depannya yang lebih baik.

Sebagaimana Nabi Ibrahim AS ketika berpisah dengan anak dan istrinya di Mekah, beliau mendokan:

رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ.

"Ya Tuhan kami, (aku tinggalkan sebahagian keturunanku di lembah yang gersang itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berikanlah rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

Maka, seyogianya orangtua harus bersabar dengan berpisah dengan ankanya. Orangtua harus senantiasa berusaha meneguhkan hati anaknya ketika menjalani kondisi yang mungkin tidak mengenakkan bagi sang anak selama di pondok. Bisa soal makanan, fasilitas kamar mandi, fasilitas kamar tidur, dan lain sebagainya. Tentu saja seraya terus mendoakan supaya sang anak menjadi anak menjadi generasi penerus yang saleh dan salehah, yang senantiasa mendirikan shalat serta diberikan rejeki yang berlimpah.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd...

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Pelajaran keempat dari kisah Nabi Ibrahim terjadi ketika Nabi Ismail alaihissalam beranjak remaja. Ia menjadi seorang anak yang sholeh, taat, dan patuh kepada Allah Swt dan orangtuanya. Ketika itu, Nabi Ibrahim AS bermimpi diperintah Allah untuk menyembelih anaknya, nabi Ismail AS. Terjadilah dialog antara ayah dan anak yang merupakan sebuah hubungan lan gambaran ketaatan kepada Allah Swt. Karakter seorang ayah yang membangun sebuah komunikasi dialogis-persuasif, membuat sang anak ikut meyakini apa yang diwahyukan kepada ayahnya. Firman Allah dalam Surah As-Shaffat ayat 102:

قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ  

Artinya, “Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.” 

Kita melihat bagaimana sosok Nabi Ibrahim AS, sebagai orangtua yang sudah jelas saleh dan benar. Beliau tidak serta merta melakukan perintah Allah untuk menyembelih anaknya—sekalipun beliau meyakini kebenaran wahyu tersebut. Melihat anaknya yang sudah mulai dewasa, Nabiyullah Ibrahim AS mengajak dialog anaknya. Mencoba mendengar respon sang anak atas turunnya perintah tersebut.

Kisah ini adalah contoh bagi kita sebagai orangtua ketika berhadapan dengan anak yang sudah beranjak remaja. Tidak semestinya kita ujug-ujug memaksakan kehendak dan keputusan bagi anak, sekalipun apa yang kita perintahkan itu benar. Seyogianya kita meniru Nabi Ibrahim ketika berhadapan dengan sang anak. Yakni tetap menggunakan pendekatan dialogis, berkomunikasi dan bermusyawarah dengan baik—supaya anak bisa menerima apa yang mesti kita putuskan baginya.

Seringkali, seorang anak melawan dan menentang keputusan orangtuanya, bukan karena keputusan itu buruk. Akan tetapi, karena orangtua yang gagal memberikan penjelasan atau alasan-alasan logis kepada anak. Padahal, seandainya sebuah keputusan disampaikan dengan cara yang baik dan dialogis, anak akan cenderung menerima keputusan tersebut—bahkan justru menghargai dan semakin hormat kepada orangtuanya.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd...

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Keteladanan kelima atau yang terakhir saking sosok Nabi Ibrahim AS ialah beliau seorang pribadi yang dermawan, loman, dan sangat memuliakan tamu. Dikisahkan; ketika tengah malam, waktu di mana umumnya orang beristirahat, rumah Nabi Ibrahim AS diketuk tamu. Beliau tetap menjawab salam dan membukakan pintu untuk tamu tidak diundang tersebut. Saat membukakan pintu, Nabi Ibrahim AS ternyata tidak mengenal sama sekali sinten ingkang berdiri di depan pintu rumah beliau. Luar biasanya akhlak Nabi Ibrahim, tanpa banyak bertanya beliau mempersilakan tamunya masuk.

Tidak sampai di situ, Nabi Ibrahim AS lantas menjamu tamu tersebut dengan menu terbaik. Beliau dan istrinya bahkan sampai menyembelih seekor anak sapi untuk diolah menjadi gulai demi menjamu tamunya. Makanan terbaik pun disuguhkan. Akan tetapi, bukannya langsung dilahap, tamu Nabi Ibrahim AS hanya memerhatikan suguhan gulai dari bapak sang Khalilullah. Barulah Nabi Ibrahim sadar, tamunya adalah para malaikat yang sedang menyamar menjadi sosok manusia.

Di kisah lainnya, Nabi Ibrahim terkenal tidak mau makan jika tidak bersama orang lain. Sehingga, kita memasak beliau akan menyediakan porsi yang sangat banyak. Dalam sebuah riwayat, porsi masakannya bisa untuk ratusan orang. Tujuan beliau ialah supaya bisa memberi makan masyarakat di sekitar beliau. Kedermawanan dan kebaikan beliau ini membuatnya sangat dicintai oleh masyarakat. Tentu saja, berefek kebaikan bagi anak keturunanya.

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia...

Dalam sebuah ceramah pengajian, Almarhum Kiai Imam Syaerozi Babat bercerita; bahwa beliau pada waktu kecil, bukanlah anak yang pandai. Beliau anak yang biasa-biasa saja. Akan tetapi, ada satu kebiasaan yang paling beliau ingat dari ibundanya. Hampir setiap hari, ketika berangkat sekolah, ibundanya membekali Yai Imam Syaerozi kecil dengan jajan-jajanan; bisa ote-ote, godho gedang, atau sejenis lainnya. Jajanan tersebut dibawa Yai Imam Syaerozi ke sekolah untuk diberikan pada guru-gurunya di kantor. Kebiasaan seperti itu berlangsung terus menerus hingga beliau lulus sekolah.

Beliau, Imam Syaerozi menyatakan bahwa bisa jadi beliau bisa seperti saat ini, punya ilmu tinggi, mampu berdakwah kemana-mana, salah satunya ialah berkah doa dari para gurunya. Tentu saja, para bapak-ibu guru di sekolah akan sangat berterima kasih dan bersyukur terhadap pemberian jajanan tersebut. Rasa syukur dan keikhlasan yang kemudian melahirkan doa tulus bagi anak yang membawakan jajanan tersebut.

Dua contoh cerita terakhir di atas, setidaknya saget dados teladan dan pelajaran bagi kita bagaimana caranya supaya cita-cita nggadahi anak keturunan ingkang saleh dan salehah, sukses dunia hingga akhirat bisa kita wujudkan. Amin ya Rabbal alamin...

Maasyirol Muslimin, jamaah shalat Idul Adha rahimakumullah...

Demikian khutbah Idul Adha yang mengangkat tentang keteladanan Nabi Ibrahim sebagai sosok yang sukses mempunyai keturunan para nabi dan orang-orang sholeh. Semoga bisa menambah pengetahuan kita sekaligus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan semoga Allah swt senantiasa menurunkan hidayah dan rezeki-Nya kepada kita sehingga kita bisa menjalankan tugas kita untuk beribadah khususnya mampu untuk melakukan ibadah haji dan berkurban. Amin ya Rabbal alamin.

   بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم 

 

Khutbah Jumat; Keteladanan Nabi Ibrahim dalam Ibadah Kurban

 


Khutbah I

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين،

أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أيُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

 Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Mengawali khutbah pada siang ingkang penuh keberkahan meniko, khatib wasiat kangge kitho sedoyo; utamipun kangge diri pribadi piyambak. Anggen kitha senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan lan takwa dumateng Allah SWT. Dengan cara sekuat tenaga ngelampahi kewajiban-kewajiban lan nilar utawi nebihi sedoyo perbuatan ingkang diharamkan.  

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Dinten meniko, adalah hari yang ssangat istimewa kangge sebagian umat Islami ingkang wonten di Tanah suci. Saudara-saudara ingkang memenuhi panggilan Allah sedang menjalani rangkaian ibadah haji wonten ing Padang Arafah. Monggo, sareng-sareng kita doakan dulur-dulur sesama Islam kitho ingkang sedang menjadi tamu Allah, mudah-mudahan dipun berikan Allah kesehatan lan kemudahan untuk melanjutkan ritual ibadah haji kaleyan penuh kekhidmatan lan kesempurnaan.

Mugi-mugi dados haji ingkang mabrur; ingkang saget mengantarkan piyambak e dados pribadi ingkang soleh lan sekaligus saget menebarkan kebaikan kangge masyarakat sekitarnya. Amin, ya Rabbal Alamin...

Ma'asyiral muslimin rahimakullah ...

Syekh Ali Ahmad Al-Jurjawi wonten ing kitab Hikmatut Tasyri’ wa Falsafatuh menjelaskan, beleh kurban pertama kali dipun laksanakan pada masa Nabi Adam 'alaihissalam, oleh kedua putranya yakni Qabil dan Habil. Kekayaan ingkang dipun miliki Qabil mewakili kelompok petani, sedangkan Habil mewakili kelompok peternak.

Dikisahkan wonten ing Al-Quran Surah Al-Maidah:

   وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْآخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ 

Artosipun, "Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Qabil dan Habil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang mereka berdua (Habil) dan tidak diterima yang lain (Qabil)." (Al-Maidah: 27)

Para ahli tafsir menyebutkan; peristiwa kurban ingkang dilakukan dua bersaudara saking putra Nabi Adam 'alaihissalam meniko merupakan solusi saking polemik antar keduanya, ingkang memperebutkan untuk menikahi wanita cantik rupawan bernama Iklimah sebagai pasangan hidup.

Kisah kurban berikutnya dipun lampahi kaleyan Nabiyullah Ibrahim 'alaihissalam ingkang dipun perintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail 'alaihissalam, putra tercinta ingkang telah lama diimpi-impikan kelahirannya. Perintah meniko hanyalah sebuah ujian keimanan saking Allah SWT kepada Nabi Ibrahim 'alaihissalam. Amergi, pada akhiri pun yang yang disembelih adalah seekor kambing.

Peristiwa spektakuler meniko pun nyatakan wonten Al-Qur’an Surah As-Shaffat:

   قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِن شَاء اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Artinya, "Ibrahim berkata: 'Hai anakkku sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa Aku menyembelihmu, maka fikirkanlah apa pendapatmu?' Ismail menjawab: 'Wahai Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Insyaallah Engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar'.” (QS As-Shaffat: 102)

Ma'asyiral muslimin rahimakullah ...

Selain dua peristiwa di atas, ritual kurban ugi terus berlanjut  lan terjadi di setiap budaya dan peradaban. Kurban dilakukan oleh umat manusia dengan bentuk lan praktik ingkang berbeda-beda. Wonten ingkang berbentuk sesajen tumpeng di pohon-pohon besar, wonten berbentuk melarung kepala hewan di laut utawi sungai, wonten pula ingkang menyembelih hewan tertentu sebagai bentuk persembahan.

Puncaknya ingggih meniko dengan mengorbankan nyawa seorang manusia sebagai persembahan kepada yang dianggap tuhan yang memiliki kekuatan. Dahulu pada masa pra Islam, di Mesir wonten tradisi melemparkan seorang anak gadis perawan ke sungai Nil, sebagai tumbal. Tujuannya supados Sungai Nil, mboten mengalami surut dan terus berlimpah airnya. Penduduk Mesir rutin menggelar upacara meniko setiap tahun. Tradisi seperti ini mungkin juga dikenal oleh sebagian masyarakat nusantara seperti kita dengar wonten ing cerita-cerita rakyat nusantara.

Ketika Islam masuk di Negara Mesir, Gubernur Mesir, Sahabat Amr bin Ash dituntut oleh masyarakat Mesir untuk melakukan persembahan yang sama di sungai Nil. Menanggapi itu, Amr bin Al-Ash menyampaikan bahwa tradisi tersebut tidak ada dalam Islam. Beliau juga menolak dan melarang tradisi tersebut untuk dilakukan penduduk Mesir.

Hari berganti dan bulan berlalu, aliran air di Sungai Nil semakin kecil—bahkan debit air kian menyusut drastis pada bulan ke-10, 11, 12. Penduduk Mesir pun bersiap-siap untuk mengungsi lan meninggalkan Mesir dengan tujuan mencari mata air lan kehidupan baru.

Mengetahui peristiwa meniko, Amr bin Al-Ash lantas menulis surat, melaporkan hal tersebut kepada Khalifah Umar bin Khattab ingkang tinggal di Kota Madinah. Menanggapi persoalan tersebut, wonten ing surat balasannya Khalifah Umar bin Khattab menyatakan bahwa keputusan dari Amr bin Al-Ash sudah benar.

Khalifah Umar ugi mengirimkan selembar surat khususu kangge Sungai Nil. Amr bin Al-Ash membuka surat tersebut. Di dalamnya tertulis. “Dari hamba Allah, Umar Amirul Mukminin untuk Sungai Nil Mesir amma ba’du. Sungai Nil, jika memang kamu mengalir karena keinginanmu sendiri, maka tidak perlu kau mengalir. Akan tetapi, jika kamu mengalir karena perintah Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa, sebab Dia-lah yang membuatmu mengalir, maka kami memohon kepada Allah agar membuatmu mengalir,”.

Surat saking Khalifah Umar bin Khattab meniko dilemparkan Gubernur Amr bin Ash ke sungai Nil tepat sehari sebelum hari salib. Pada esok pagi harinya, Allah mengalirkan debit air sungai Nil hingga setinggi 6–7 meter hanya dalam satu malam. Kisah meniko lantas dados pamungkang yang mengakhiri tradisi buruk penumbalan gadis perawan bagi penduduk Mesir. Betapa besar kuasanipun  Allah SWT. Hingga hari ini, air Sungai Nil terus mengalir dan berlimpah kangge kebutuhan sehari-hari masyarakat Mesir.

Ma'asyiral muslimin rahimakullah ...

Ketika Nabi Muhammad saw diutus, wonten penegasan ajaran; bahwa kurban yang sesuai syariat Islam ialah seperti yang dilakukan oleh Nabiyullah Ibrahim 'alaihissalam. Yakni dengan cara menyembelih kambing, sapi, utawi onta. Daging hasil kurban meniko mboten dipun damel sesajen utawi dilarung dateng laut atau sungai, ananging dipun makan bareng-bareng lan dibagikan kepada orang-orang di sekitar kita.

Sebagaimana firman Allah SWT:

  إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3) 

Artinya, "(1) Sungguh Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. (2) Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri pada Allah). (3) Sungguh orang-orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah)." (Al-Kautsar: 1-3)  

Ma'asyiral muslimin rahimakullah...

Kenapa peristiwa Nabi Ibrahim 'alaihissalam yang dijadikan model kurban dalam ajaran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam? Tentu karena di dalamnya wonten hikmah keteladanan ingkang sangat agung. Kepada Nabiyullah Ibrahim 'alaihissalam, umat Islam saget belajar bagaimana melakukan ibadah kurban yang baik dan benar.

Pelajaran pertama, dalam beragama wonten suatu keadaan di mana kita harus meninggalkan akal fikiran kita. Rasionalitas, dipun alihkan dateng ketundukan serta kepasrahan total kepada Allah SWT. Dalam kajian hukum Islam dikenal hukum ingkang bersifat ta'aqquli lan ta'abbudi. Ta'aqquli artinya masuk akal. Yakni ketika suatu syariat dibebankan, sementara manusia saget menalar ketentuan tersebut karena sesuai dengan kemampuan berfikir manusia. Contoh, Allah memerintahkan sedekah, zakat, menolong sesama, berbakti kepada orangtua. Allah melarang mencuri, korupsi, konsumsi narkoba, membunuh, pergaulan bebas lan semacamnya. Sedoyo meniko sesuai kaleyan naluri lan akal sehat manusia.

Di sisi lain, wonten ibadah ingkang sifatnya ta'abbudi; yakni hukum yang dogmatis. Mboten saget dinalar, amergi di luar kemampuan akal manusia. Aturan tentang shalat, puasa, dan haji adalah beberapa contoh saking hukum yang bersifat ta'abbudi. Kitho mboten saget mempertanyakan apalagi menggugat kenapa shalat Dhuhur, Ashar dan Isya’ empat rakaat, sedangkan Magrib tiga rakaat dan Subuh dua rakaat. Dalam hal-hal kados mekaten, otak dikesampingkan amergi yang ada hanyalah kepasrahan dan kepatuhan total sebagai seorang hamba kepada Tuhannya.

Ketika menerima perintah Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ibrahim 'alaihissalam meyakini bahwa perintah itu adalah dogma yang harus harus dilaksanakan secara paripurna. Maka atas dasar keimanannya, Nabi Ibrahim 'alaihissalam siap melaksanakan perintah tersebut. Rasionalitas dimatikan, yang ada hanyalah ketundukan akan perintah Allah. Hal meniko nuduhaken betapa tingginya kualitas keimanan lan ketaqwaan Nabi Ibrahim 'alaihissalam, sehingga sangat pantas beliau mendapat gelar Khalilullah (kekasih Allah).    Belajar saking Nabi Ibrahim 'alaihissalam, hendaknya setiap orang yang mampu segera berkurban, lan kurban menikod didasari perasaan tunduk lan patuh dalam menjalankan perintah Allah, seraya berharap mendapatkan cinta, kasih dan ridha Allah SWT.

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah

Pelajaran kedua, saking Nabi Ibrahim 'alaihissalam ialah dari pengalihan kurban manusia menjadi kambing. Perintah Allah kepada Nabi Ibrahim 'alaihissalam untuk menyembelih putranya hanya sekedar ujian keimanan, mboten perintah sesungguhnya. Hal meniko sekaligus sarana meluruskan tradisi tumbal ingkang terjadi di berbagai budaya lan perabadan.

Sejarah kurban Nabi Ibrahim 'alaihissalam mengajarkan beleh kurban dalam Islam tidak boleh membahayakan diri sendiri, apalagi orang lain. Nabi Muhammad sawbersabda:

  لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ 

Artinya: "Tidak boleh membahayakan (mengorbankan) orang untuk kepentingan pribadi, dan tidak boleh mencegah orang lain mendapat kebaikan."

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah...

Inilah dua pelajaran ingkang saget kitha petik saking kurban yang dilakukan Nabiyullah Ibrahim 'alaihissalam. Mugi-mugi saget dados media ingkang dapat meningkatkan iman lan takwa kita dumateng Allah SWT, serta daos pembelajaran bagi kita semua untuk terus berjihad mewujudkan Islam rahmatan lil alamin.  Amin ya rabbal 'alamin.

   بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم 


 


أَلْخُطْبَةُ الثَّانِيَّةُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْوَاحِدِ الصَّمَدِ. اَلَّذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أحَدٌ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ الْمُمَجَّدِ. وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَابِهِ الَّذِيْنَ شَيَّدُوْا الدَّيْنَ بِعَزْمٍ قَوِيٍّ وَعَزِيْزِ الْمَدَدِ.

أمَّا بَعْدُ: فَيَاأيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ! أُوْصِيْكُمْ وَنفْسِى بِتَقْوَى اللَّهِ بِفِعْلِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَتَرْكِ الْمَنْهِيَّاتِ. قَدْ أشْبَعَ لَكُمْ أنْوَاعُ الْخُطَبِ الْجُمْعِيَّةِ وَكَأَنِّى أنْظُرُ فِى أسْمَائِكُمْ بِهَا مَلْآن. وَلَكِنْ مَا أرَى مِنْكُمْ اِلّا عَلَى جُمُوْدٍ عَرِيْقٍ. قَلَّمَا تُغَيِّرُ أعْمَالَكُمْ تِلْكَ الْخُطَبُ اِلَى تَرْقِيَةِ الْأعْمَالِ وصَلَاحِ الْجَنَانِ. وَمَا اُمَثِّلُكُمْ اِلَّا كَالْحَدِيْدِ الْبَارِدْ. يُضْرَبُ كُلَّ وَقْتٍ لِيَمْتَدَّ فَلَمْ يَمْتَدِدْ. فّتَبَصَّرُوْا وَاَفِيْقُوْا ثُمَّ أحْسِنُوْا، اِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، وَقَاضِى الْحَاجَاتِ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِاُمَةِ مُحَمَّدٍ. وَارْحَمْ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ. وَأَصْلِحْ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ. واسْتُرْ لِاُمَةِ مُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى أَعْدَائِهِمْ وَوَفِّقْهُمْ لِعَمَلٍ صَالِحٍ يَنفَعُهُمْ فِى دُنْيَاهُمْ وَأُخْرَاهُمْ. اَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا وَعُلَمَائَنَا وَزُعَمَائَنَا وَاجْعَلْ هِمَّتَهُمْ فِى اِزَالَةِ الْمُنْكَرَاتِ وَالْمَعَاصِى وَاهْدِهِمْ سَبِيْلَ الرَّشَادِ.

اللَّهُمَّ ارْفَعْ وَادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْنَ وَفِرُوسْ قَارَنَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّs شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ والْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةَ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيأ حَسَنَةً, وَفِى ألآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعّالّمِيْنَ.

عِبَادَ اللَّهِ. إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللَّهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُؤْتِكُمْ. وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Friday, June 24, 2022

Khutbah Jumat: Belajar dari Tiga Hewan Kecil dalal Al-Quran

 Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْاِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محمدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

فقد قَالَ اللهُ تَعَالَى  في كتابه الكريم: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Mengawali khutbah pada siang ingkang penuh keberkahan meniko, khatib wasiat kangge kitho sedoyo; utamipun kangge diri pribadi piyambak. Anggen kitha senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan lan takwa dumateng Allah SWT. Dengan cara sekuat tenaga ngelampahi kewajiban-kewajiban lan nilar utawi nebihi sedoyo perbuatan ingkang diharamkan.  

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Wonten tiga binatang kecil ingkang dijadikan sebagai nama surah di dalam Al-Qur’an, inggih meniko Al-Naml (semut), Al-'Ankabut (laba-laba), lan Al-Nahl (lebah). Menawi kitho amati secara seksama, tiap binatang meniko nggadahi karakter khas ingkang saget dados kiasan saking kehidupan manusia.

Contoh, yang pertama An-Naml utawi Semut. Binatang meniko nggadahi karakter pekerja keras dalam hidupnya. Tidak kenal lelah dalam bekerja. Koloni semut suka menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti. Konon, binatang kecil meniko nggadahi kekuatan nggotong barang yang berkali-kali lipat dibanding berat tubuhnya. Bahkan, dia saget menghimpun makanan untuk bertahun-tahun sedangkan usianya tidak lebih dari satu tahun. Karakter pekerja keras dan senang bekerja sama meniko adalah sisi positif semut.

Ananging, di sisi lain semut nggadahi sifat tamak dan loba yang sedemikian besar. Sehingga, dalam hidupnya dia berusaha mengumpulkan bahan makanan yang berlipat-lipat banyaknya—melebihi kebutuhan dirinya. Bahkan seringkali makanan yang dikumpulkan meniko tidak berguna sama sekali bagi dirinya. Di samping itu, semut ugi nggadahi karakter mboten purun berbagi kepada komunitas di luar kelompoknya. Meniko adalah contoh karakter negatif ingkang saget kita jauhi.

Wonten ing surah Al-Naml meniko dipun ceritakan kisah kezaliman Raja Fir'aun dumateng kaum Bani Israel. Ugi dipun ceritakan kisah tentang Nabi Sulaiman AS ingkang nggadahi kekuasaan yang mboten dipun miliki oleh manusia mana pun sebelum lan sesudah beliau. Juga kisah seorang raja perempuan ingkang berusaha menyogok Nabi Sulaiman AS demi mempertahankan kekuasaan ingkang dipun miliki.  

Maasyirol Muslimin rahimakumullah...

Ingkang nomer kali; Al-Ankabut (laba-laba). Al-Quran menyebutkan bahwa: Sarang laba-laba meniko merupakan tempat yang paling rapuh. Sebagaimana dipun singgung wonten ing ayat 41:

 مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba. Kalau mereka mengetahui.”

Rumah laba-laba meniko, sekalipun terlihat indah dan menawan, ia bukanlah tempat ingkang aman. Amergi, nopo mawon ingkang mencoba berlindung di sana bakal disergap oleh sang laba-laba lan dasdos santapan lezatnya. Jangankan serangga lain, laba-laba jantan mawon ingkang sampun selesai berhubungan, akan disergap lan dijadikan santapan oleh sang betina. Telur

Karakter negatif laba-laba meniko menjadi kiasan karakter sebagian manusia. Ingkang bekerja keras kangge memenuhi kebutuhannya, ananging mboten memperhatikan rambu-rambu lan aturan. Mboten melihat halal lan haram pekerjaannya. Bahkan, terkadang tega menghancurkan tetangga atau bahkan keluarganya sendiri.

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Ingkang terakhir; wonten surah naminipun An-Nahl (utawi lebah). Al-Qur’an menyebutkan bahwa lebah meniko bergerak atas dasar ilham saking Allah SWT, sehingga ia mampu memilih memilih gunung lan pohon-pohon sebagai tempat tinggalnya yang aman. Firman Allah SWT (QS An-Nahl: 68) :

 وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Artinya: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia’."

Sisi positif pertama saking lebah inggih meniko: Sarangnya dibuat berbentuk segi enam. Mboten bentuk segi lima atau utawi empat; tujuannya supados mboten terjadi pemborosan dalam lokasi.

Yang kedua; makanan ingkang dipilih lebah ialah saripati bunga-bunga. Lebah mengambil sari bunga, tanpo ngerusak bunga lan tanaman meniko. Bahkan, seringkali membantu terjadinya penyerbukan bunga. Sehingga bunga-bunga meniko saget bertumbuh dados  buah-buahan ingkang biasa kita konsumsi.

Karakter Lebah yang ketiga inggih meniko; lebah mboten suka menumpuk-numpuk makanannya seperti semut. Dia mengolah makanannya dados produk lain ingkang bernilai lebih tinggi. Hasil olahannya inggih meniko lilin lan madu ingkang sangat besar manfaatipun kangge manusia.

Lilin zaman dulu digunakan kangge alat penerangan. Tentu saja, zaman sebelum ada listrik, alat bahan penerang semacam lilin meniko adalah barang ingkang sangat penting. Hasil olahan lebah kedua inggih meniko madu; menurut Al-Quran madu saget dados obat yang ampuh membantu menyembuhkan.

Maasyirol Muslimin rahimakumullah...

Karakter positif lain saking lebah inggih meniko dia sangat disiplin, lebah ugi taat pada teamwork (utawi bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing), lan yang terakhir; lebah selalu disiplin menyingkirkan sedoyo barang ingkang mboten berguna dari sarangnya. Di samping itu, lebah ugi nggadahi sikap tegas lan pemberani. Dia tidak akan mengganggu kecuali ada yang mengganggunya. Menawi sudah ngamuk, lebah akan menyengat dan rela mati melawan pihak yang mengganggu.

Hadirin, Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Sikap hidup manusia seringkali dipun ibaratkan kaleyan berbagai jenis hewan. Wonten jenis manusia ingkang "berbudaya semut", yakni menghimpun lan menumpuk ilmu (tanpa mau mengolah lan berbagi dengan orang lain). Utawi suka menumpuk-numpuk materi lan harta benda, tanpa disesuaikan dengan kebutuhannya dan tidak mau berbagi dengan orang lain.

Ugi wonten model manusia ingkang mirip laba-laba. Yaitu orang-orang ingkang mboten mikir opo, di mana, utawi kapan dia makan, akan tetapi yang dipikirkan adalah: “Siapa yang dimakan?” Meniko dados kiasan saking sifat manusia ingkang mencelakakan lan merugikan orang lain.

Jamaah shalat jum’at rahimakumullah,

Baginda Nabi Muhammad saw mengibaratkan seorang mukmin sebagai lebah. Karakter mukmin yang baik ialah mboten merusak lan mboten menyakiti. Mboten makan kecuali ingkang halalan – thoyyiban, lan mboten menghasilkan kecuali sesuatu yang bermanfaat.

Lebih rinci lagi, lebah setidaknya nggadahi tiga keistimewaan yang dapat menjadi analogi tentang karakter ideal manusia. Pertama, lebah mboten merusak tempat yang dia hinggapi, sekecil apa pun bagian pohon tersebut. Hal meniko dados pelajaran kangge manusia supados menghindari perilaku ingkang menimbulkan madharat utawi kerugian terhadap orang lain.

Ingkang Kedua, lebah hanya makan sesuatu yang baik-baik, yakni saripati bunga. Sehingga yang dikeluarkannya pun baik-baik, yakni madu. Dalam hal ini, manusia diperintah mengonsumsi segala sesuatu yang serba halal. Keranten, rezeki lan makanan ingkang halal, akan membuahkan perilaku lan karakter positif kangge tiyang tersebut.

Mugi-mugi kitho sedoyo termasuk tiyang-tiyang ingkang beriman lan nggadahi pribadi lan akhlak ingkang sae, sesuai dengan petunjuk lan tuntunan saking Kanjeng Rasulullah saw. Amin ya Rabbal alamin...

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ.  إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، إِلٰهٌ لَمْ يَزَلْ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيْلًا. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَخَلِيْلُهُ، أَكْرَمِ الْأَوَّلِيْنَ وَالْاٰخِرِيْنَ، اَلْمَبْعُوْثِ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ، صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِيْنَ 

أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ وَالصَّوْمِ وَجَمِيْعِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَالْوَاجِبَاتِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ بِنَفْسِهِ. وَثَنَى بِمَلَائِكَةِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ  ، وقال تعالى : إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.

. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وِالْأَمْوَاتِ. اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَةً، اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ  . ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.

عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Diadaptasi dari tulisan H. Muhammad Faizin, Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu, Lampung. Yang dimuat di situs NU Online.

 

Tuesday, May 31, 2022

Efek Omelan Istri, Jadi Wali

 Efek omelan istri itu tidak hanya jalur jadi wali. Tapi, juga jalur jadi tukang. 

Gara-gara kloset di kamar pondok gak keluar air seminggu ini, istri ngomel terus. Nyuruh nyari tukang benerin closed. 


Saya nyari nyari tukang gak dapat². Entah, saking padatnya jadwal mereka, atau karena minimnya pekerjaan yang ditawarkan. 


Kan jadi gak enak dewe, masak benerin gitu aja mau narik bayaran 50 ribu, atau 100 ribu. Kalau di kota besar macam Jakarta gitu agak memper, lha ini di kampung kok.


Yaaaa...

Gara-gara gak tahan dengan omelan istri, saya cari deh tutorial di youtube. Ada sekitar 5 video yang saya simak. Solusinya, hampir semuanya sama.

Yakin bisa lah... Gumam saya.

Gitu aja kok. 

Alat yang diperlukan cuma dua. Kunci inggris dan sikat gigi bekas.

Penyebab mampetnya air, biasanya gara2 lumpur atau tanah yang menyumbat di penyaringan kloset. 

Kebanyakan kasus terjadi pada kloset yang airnya bersumber dari sumur atau sumber bor. Air PDAM relatif lebih aman dan bersih. 


Alhamdulillah...

Ternyata beres dan berhasil.

Kloset bisa keluar airnya lagi.

Tanpa panggil tukang. 😅

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)