Tuesday, December 30, 2008

Tajdiidun Nikah; Memperbarui Pernikahan

Dalam adat Jawa, sangat kental sekali hitung-hitungan mengenai nama dan tanggal lahir untuk sepasang pengantin. Ada yang bahkan sampai harus mengubah namanya saat hendak menikah karena berdasarkan perhitungan, kehidupan keduanya nanti tidak akan baik, sengsara, atau salah satunya mati muda.

Sore itu, saya berkunjung ke rumah ustadz saya di Pondok. Beliau bercerita tentang tajdiidun nikah yang baru saja terjadi. Kata beliau, ada seseorang yang sudah menikah (bahkan sudah beranak satu) yang kehidupannya kurang baik. Setelah dihitung-hitung nama pasangan suami-istri itu, ternyata namanya memang tidak cocok. Akhirnya, salah satunya pun berinisiatif mengubah nama. Tentu saja dengan nama yang setelah dihitung, memberikan sugesti pernikahan mereka akan membahagiakan.

Dalam agama, istilah tajdiidun nikah sebenarnya memang ada. Namun, bukan karena masalah perubahan nama atau sebagainya. Akan tetapi, lebih karena pernikahan yang rusak atas sebab yang berdasarkan ketentuan agama. Hanya saja, mungkin karena yang bersangkutan kurang yakin dengan pernikahan mereka, diadakanlah akad nikah ulang itu. [KHO]

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)