Tuesday, March 9, 2010

Berburu Buku Murah di Islamic Book Fair 2010


Salah satu kegemaran saya saat acara Book Fair adalah berburu buku-buku "lama" yang dijual murah. Rata-rata, buku tersebut adalah stok yang daripada menumpuk di gudang dan menuhin tempat, maka dijuallah dengan diskon lebih dari separuh harga aslinya.

Buku-buku murah itu bukanlah buku yang sudah rusak atau termakan rayap. Ia bahkan banyak yang masih tersegel. Rapi dengan plastiknya. Tinggal kita mau ga bongkar2 waktu di pameran. Hehehe...

Salah satu penjual yang suka melakukan hal ini adalah Yusuf Agency. Seorang marketert buku yang beralih menjadi distributor buku-buku stok gudang. Namun, sepertinya dalam event IBF kali ini, ia tidak nampak. Dulu, saya mendapatkan buku-buku bagus darinya. Seperti buku 'The Success Prinsiple-nya Jack Canfield--yang covernya saya pajang di fesbuk, The Secret, ataupun buku-buku lain yang saya telah lupa judulnya. Semua buku-buku itu asli (bukan bajakan seperti di Senen) dan berkualitas sama seperti yang dijual di toko-toko. Bedanya, dengan harga yang jauh lebih murah.

Selain Yusuf Agency, beberapa penerbit besar juga kerap melakukan hal yang sama. Pengalaman pribadi, dulu, awal-awal di Jakarta--saat masih sangat bersemangat mempelajari agama, namun dengan kapasitas ilmu bahasa Arab yang minim, saya suka memborong buku-buku Al-Kautsar yang hampir selalu mengadakan diskon besar-besaran. Setelah mulai sanggup membaca teks bahasa Arab, bujet pembelian buku saya mulai beralih ke buku-buku umum, novel-novel terjemahan luar, buku-buku terjemahan luar, buku-buku Gramed dan sejenisnya.

Kembali ke tulisan awal, di Book fair kali ini, kita bisa menemukan beberapa penerbit yang melakukan "pembersihan" semacam itu. Saya bisa menyebutkan antara lain, Mizan, Al-Kautsar, Syaamil, GIP, MQS, dan penerbit-penerbit besar lainnya yang sudah memunyai banyak terbitan.

Anda bisa segera berkunjung ke Islamic Book Fair kali ini. Karena, sifatnya yang "clearance" tentu saja stok untuk tiap eksemplar-nya terbatas. Tidak seperti buku baru. Siapa cepat, dia dapatlah...

Di antara penerbit-penerbit itu, ada salah satu penerbit yang memberikan hadiah istimewa berupa laptop HP. Untuk mendapatkan kuponnya, anda harus belanja minimal Rp. 100 ribu. Anda akan mendapatkan 1 kupon dan diminta menebak tumpukan buku yang dijajar rapi melingkar. Silakan tebak jumlahnya. nanti, pada hari Minggu akan ada pengumuman siapa yang tebakannya paling mendekati jumlah. Hadiahnya? Tentu saja laptop HP tersebut.

Selamat berbelanja...

Salam buku,

shorih_kholid

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)