Tuesday, July 5, 2011

Riung Center Launching Program Pengembangan Mutu Sekolah


3 TAHUN, GANDENG UMMI FOUNDATION Surabaya

“Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah meluncurkan gebrakan program. Sebagai upaya mengatasi masalah bangsa, Yayasan yang resmi berdiri sejak 2009 lalu itu melaunching Program Pengembangan Mutu SD/MI pada hari Senin (4/6) di Aula Lembaga Pendidikan Islam Nur Hikmah, Pondok Melati, Bekasi Selatan. Acara itu dihadiri oleh sekitar 150 orang dari Dinas Pendidikan Kec. Pondok Melati, pimpinan yayasan, guru, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar.

Beberapa tokoh yang hadir dalam acara tersebut antara lain pimpinan “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah, Afify Jauhari dan Dani Ibrahim, Direktur Lembaga Ummi Foundation Surabaya Ustadz Masruri, dan Kepala UPTD Kec. Pondok Melati Bekasi Selatan, Ahmad Baehaqi. Selain itu, juga dihadiri oleh ketua-ketua yayasan yang bekerja sama dengan Yayasan Alam Tata Amaliah.

Program resmi pertama Riung Center ini akan berlangsung dalam jangka waktu 3 tahun. Demi mewujudkan cita-cita membentuk sekolah yang berkualitas, Riung Center menggandeng Lembaga Ummi Foundation yang telah berpengalaman menangani banyak sekolah di berbagai daerah. “Untuk tahap pertama ini, kami menggandeng 4 sekolah yang akan kami berikan support system secara kontinue hingga bisa menjadi sekolah model dan menularkan mutu kepada sekolah-sekolah di sekitarnya,” jelas Ustadz Masruri, Direktur Lembaga Ummi Foundation sebagai partner utama sekaligus ketua program pengembangan mutu sekolah ini.

Untuk permulaan, baru tiga sekolah yang ditunjuk Yayasan. Antara lain SDIT Mutiara Hati, SDIT Ar-Riyadh, dan SDI Al-Izzah. “Selain tiga sekolah tersebut, dalam berbagai pelatihan-pelatihan guru maupun kepala sekolah yang kami adakan, kami juga akan mengundang sekolah-sekolah yang ada di sekitar Yayasan ini, agar manfaatnya lebih terasa,” jelas Ustadz Masruri yang juga mantan Direktur Konsorsium Pendidikan Islam (KPI) Surabaya itu.

Dalam sambutannya, Pembina “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah, Afify Jauhari menyampaikan rasa syukur, Riung Center bisa melaunching program pengembangan mutu sekolah ini, “Saya teringat, dalam Al-Qur’an itu Allah selalu memuliakan orang-orang yang berilmu. Maka, saya berharap lewat program ini bisa makin meningkatkan kemuliaan para guru dan orang-orang berilmu lewat peningkatan kualitasnya.”

“Saya terkadang sedih saat mendengar anak sekolah pulang pagi-pagi. Ketika ditanya, kenapa pulang pagi, jawabnya gurunya tidak masuk. Lha, masak orang niat nuntut ilmu kok jadi terhalang gara-gara gurunya tidak hadir,” ujarnya prihatin.

Afify Jauhary juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur Ummi Foundation, Ustadz Masruri, sebagai partner utama dalam program ini. “Ustadz Masruri memberikan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan, baik terkait pengembangan SDM di sekolah maupun mutu sekolah secara umum,” lanjutnya yang saat itu ditemani salah satu pimpinan Riung Center, Dani Ibrahim.

Sementara itu, Dani Ibrahim yang ditemui usai acara mengungkapkan rasa bahagianya bisa bergabung di perusahaan dan yayasan ini. “Alhamdulillah, salah satu keinginan kami sejak lama terkabul juga mulai hari ini. Tetapi, masih banyak cita-cita lain yang ingin kami wujudkan.”

Dalam sambutannya, Kepala UPTD Kecamatan Pondok Melati, Ahmad Baehaqi, menyambut baik program dari “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah ini. Pejabat yang akan dimutasi ke Kabupaten ini berharap program seperti akan dikembangkan dengan merangkul lebih banyak sekolah. “Utamanya itu guru-guru agama. Setahu saya, mereka rata-rata masih minim dalam hal kreativitas mengajar.”

Dalam acara yang sama, juga dilakukan penandatangan Mou Program Pengembangan Mutu Sekolah antara “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah dengan 3 Sekolah binaan, antara lain Yayasan Mutiara Hati yang diwakili Supardi,SE, Yayasan Ar-Riyadh yang diwakili H. Nasri, dan Yayasan Al-Izzah yang diwakili Hj. Ummi Wasani. Usai launching dan penandatanganan Mou, acara dilanjutkan dengan Pelatihan Manajemen Mutu Sekolah untuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dan Pelatihan Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. [kho]

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com