Friday, November 25, 2011

Beasiswa-beasiswa yang Ditawarkan Uni Eropa

KOMPAS.com — Setiap tahun, sejumlah negara dan lembaga donor dari Uni Eropa menawarkan berbagai peluang studi melalui beasiswa. Anda tertarik memburunya? Biasanya, kesempatan mengajukan aplikasi dibuka mulai pertengahan tahun. Berikut informasi beasiswa-beasiswa yang ditawarkan Uni Eropa beserta link dan kontak yang bisa Anda hubungi untuk mendapatkan informasi lebih jauh.

AUSTRIA

Ada 18 beasiswa yang pernah ditawarkan pada tahun 2009, di antaranya untuk jenjang S-1, S-2, pascadoktoral, dan hibah penelitian.


* Beasiswa Utara-Selatan * Beasiswa ASEA Uninet (jaringan universitas antara beberapa universitas Eropa dan Asia Tenggara yang dipelopori Universitas Innsbruck Austria) * Hibah teknologi bagi Asia Tenggara * Beasiswa khusus bagi Layanan Akademi Austria (Austrian Academic Service - OeAD)

Situs web:
http://www/oead.ac.at ASEA-UNINET
http://www.uibk.ac.at/asea-uninet

BELGIA

Beasiswa yang diberikan biasanya kursus dan pelatihan internasional. Namun, ada juga jenjang pascasarjana. Rata-rata 10 siswa per tahun.

Situs web:
www.cud.be, www.itg.be

BULGARIA

Permintaan informasi bisa didapatkan langsung dari Kedutaan Besar Bulgaria di Jalan Imam Bonjol 34-36, Menteng, Jakarta Pusat, 10310, e-mail: jkt@centrin.net.id atau bulvisa.jkt@centrin.net.id.

PERANCIS

Beasiswa Pemerintah Perancis
Gelar pascasarjana, doktor, dan program pascadoktoral. Jumlah beasiswa 20-25 orang per tahun. Situs web: www.ambafrance-id.org

Program Beasiswa bersama DIKTI
Berbasis pembiayaan bersama dengan gelar pascasarjana (gelar ganda). Jumlah beasiswa 50 orang per tahun.

Program Beasiswa bersama Kementerian Perhubungan
Berbasis pembiayaan bersama dengan gelar pascasarjana (gelar ganda). Jumlah beasiswa 10-15 orang per tahun.

Program Beasiswa bersama BAPPENAS
Berbasis pembiayaan bersama dengan gelar pascasarjana (gelar ganda). Jumlah beasiswa 5-10 orang per tahun.

Situs web:
http://www.ambafrance-id.org

JERMAN

Program beasiswa DAAD. Gelar pascasarjana dan doktor, program pascadoktoral, kursus singkat (jurusan/materi khusus). Jumlah beasiswa 350 orang per tahun.

Situs web:
http://jakarta.daad.de

YUNANI

Program beasiswa bantuan Yunani (Hellenic Aid Scholarship Programme) untuk studi sarjana dan pascasarjana. Jumlah beasiswa 100 orang untuk 61 negara tanpa kuota bagi negara tertentu.

Situs web:
www.hellenicaid.gr

HONGARIA

Dewan beasiswa Hongaria (Hungarian Scholarship Board)

Situs web:
http://www.scholarship.hu

ITALIA

Bahasa dan budaya Italia; studi spesialisasi (tingkat 1 dan 2, Phd). Beasiswa Pemerintah Italia dengan jumlah beasiswa 36 orang per tahun. Beasiswa swasta Italia biasanya dialokasikan untuk 23 penerima beasiswa.

BELANDA

Program HSP Huygens
Sarjana tingkat akhir, pascasarjana. Tidak ada kuota untuk negara tertentu. Pada tahun 2010, ada 12 penerima beasiswa asal Indonesia.

Situs web:
www.nuffic.nl/hsp

Program Fellowship Belanda (Netherlands Fellowship Programmes - NFP)
Kursus singkat, master, PhD. Tersedia beasiswa untuk sekitar 70 orang per tahun. Situs web: www.nuffic.nl/nfp StuNed Untuk jenjang pascasarjana, kursus singkat, pelatihan yang disesuaikan. Ada peluang beasiswa untuk 150 orang setiap tahunnya.

Situs web:
www.nesoindonesia.or.id

SPANYOL

Pada tahun 2010, Kementerian Urusan dan Kerja Sama Luar Negeri Spanyol memberikan 6 beasiswa kepada pelajar Indonesia. Lima orang mengikuti kursus musim panas dan budaya Spanyol. Dan satu orang untuk diplomat muda Indonesia untuk gelar Master Hubungan Internasional di Sekolah Diplomatik Spanyol.

Situs web:
www.aecid.es

SLOWAKIA

Beasiswa Pemerintah Slowakia
Untuk studi gelar sarjana dan pascasarjana di universitas negeri di Slowakia. Jumlah penerima hanya satu orang per tahun.

Program Beasiswa Nasional Republik Slowakia untuk Mendukung Mobilitas
Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa, mahasiswa PhD, dosen universitas, dan peneliti.

Informasi:
emb.slovakia@mzv.sk

INGGRIS

British Chevening Awarrds Gelar pascasarjana program satu tahun. Pada tahun 2010, ada 10 pelajar Indonesia yang menerima beasiswa ini.

Situs web:
http://www.britishcouncil.or.id

UNI EROPA

Program Pascasarjana Erasmus Mundus (Erasmus Mundus Master Courses - EMMC)
Untuk jenjang S-2 dan penelitian/hibah mengajar (sarjana). Tidak ada alokasi penerima beasiswa setiap tahun karena proses pemilihan skala global. Pada tahun 2011, sebanyak 120 pelajar mendapatkan beasiswa ini.

Informasi beasiswa bisa mengaksesnya melalui http://bit.ly/emmc2010

Doktorat Bersama Erasmus Mundus (Erasmus Mundus Joint Doctorates - EMJD)
Tidak ada alokasi jumlah penerima karena pemilihannya skala global. Pada tahun 2010, ada 2 penerima beasiswa.

Informasi beasiswa, silakan mengunjungi http//bit.ly/emjd/2010

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)