Sunday, April 15, 2012

Tentang Seorang Ustad di Radio Cikarang

Sabtu kemarin, dalam perjalanan pulang dari Cikarang, tak sengaja saya mendengarkan dari radio mobil. Siaran dari sebuah radio Cikarang. Saat itu, sang ustadz mengkaji tentang zakat.
Banyak hal yang sangat menggangu telingaku. Banyak hal yang membuat saya marah2 sendiri dan terpaksa "berbusa" sendiri mengomentari pendapat sang ustadz dalam radio. Sementara sopirku hanya tercenung mendengarnya. Entah karena gak paham atau sebab lainnya.

Salah satu pendapatnya ialah:
Bahwa sejak keruntuhan Khilafah Islamiyah, tak ada lagi lembaga yang berhak menyalurkan zakat. Lembaga2 dan badan2 amil zakat yang sekarang ini ada sama sekali tak berhak menyalurkan zakat.
Kalau masyarakat menyalurkan zakatnya lewat mereka, (menurut si ustad radio) hukumnya haram. Menurutnya, masyarakat harus menyalurkan zakatnya kepada orang2 yg dipandangnya mutahiq zakat secara langsung. Tak boleh lewat badan2 yang "mengaku amil zakat itu.

Pendapat lainnya yang mengusikku adalah terkait zakat penghasilan yang menurutnya tidak dikenal sejak zaman Nabi saw.

Memang bener sih, ada perbedaan pendapat terkait zakat penghasilan. Tapi, parahnya si ustadz radio, (lagi-lagi) ia berkata HARAM mengeluarkan zakat penghasilan. Saya benar2 tak bisa menahan emosi siang itu. Kalau pendapat itu didengarkan oleh mayoritas umat (awam) lalu dianggap sebagai yang benar, bisa sangat berbahaya.

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com