Wednesday, August 29, 2012

Serial WHY Sang Favorit

Beberapa hari lalu, saya merasa kehilangan serial buku WHY yang tak terlihat di rak buku Perpustakaan Keliling Riung Center. Padahal, jumlah serial buku itu cukup banyak. Lebih dari 30 eksemplar. Jumlah halamannya juga tebal, sekitar 150 halaman. Ketika saya berkesempatan ikut berkunjung ke sekolah (SDIT Plus Cordova, Cikarang) bersama mobil perpustakaan keliling, barulah saya tahu. Ternyata, hampir semuanya bukunya terpinjam oleh enak-anak di SDIT Plus Cordova. Satu persatu buku-buku serial WHY pun kembali.

Buku serial WHY terbitan Elex Medio Komputido memang menjadi salah satu favorit pilihan anak-anak. Terutama yang laki-laki. Buku sains yang dikemas berbentuk komik itu memang sangat menarik. Gambar-gambarnya bagus, ada cerita yang disisipkan dalam upaya mengajarkan sains pada anak-anak. Saat membacanya, kita seakan dibawa bertualang sambil belajar sains secara tak sengaja. Penulis pernah membaca beberapa serinya, buku setebal 150an halaman itu pun habis tak terasa.
Elex Media Komputindo memang mengemas buku ini dengan sangat bagus. Mengikuti terbitan aslinya dari luar negeri. Seluruh halamannya full color. Tak heran, harganya pun cukup mahal. 75 ribu tiap eksemplarnya. Maka, keberadaan buku ini di perpustakaan keliling Riung Center menjadi kesempatan yang baik bagi anak-anak. Terutama bagi mereka yang belum bisa membeli paketnya di Gramedia.
Akibatnya, saking larisnya, tiap minggu mesti ada saja buku yang masuk “bengkel”. Istilah kami—para pustakawan Perpusling Riung Center—untuk menyebut buku-buku yang copot covernya, lepas halamannya, atau mengalami kerusakan lainnya. Biasanya, buku akan diperbaiki di kantor saat sore hari sambil menunggu jam kerja pulang. [MS Kholid]

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)