Monday, December 31, 2012

Bagaimana Berbuat Kebaikan di Dunia Maya?

Bagi seorang muslim, berbuat kebaikan adalah sebuah keharusan. Ini berbanding lurus dengan sabda sang Panutan Muslim seluruh zaman, Muhammad saw. Sabda beliau dengan jelas menyatakan: "Khairun Nas anfa'uhum li an-Nas" Manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Maka, dalam setiap detiknya, setiap menitnya, setiap jamnya, atau setiap hari dan tahunnya, manusia selayaknya selalu berpikir apa manfaat saya bagi orang lain; bisa saudara, orangtua, keluarga, teman, tetangga, atau orang lainnya. Kalau manfaat untuk sendiri, pastinya semua orang sudah melakukannya. Tak perlu ditanyakan lagi.


Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa tiap orang punya spesialisasi yang berbeda dengan orang lain. Pastinya, itu menjadikan perannya di dunia ini pun berbeda. Bahkan, dalam ibadah mahdhah (bersifat ritual) pun manusia punya potensi berbeda-beda. Ada orang yang mudah sekali mengeluarkan uangnya untuk berderma. Ada orang yang begitu kuatnya puasa hampir tiap hari (puasa Daud--sehari puasa sehari tidak). Ada orang yang rajin sekali bangun malam dan menunaikan shalat tahajud. Ada orang yang begitu ringan tangannya membantu orang lain. Ya, kecenderungan itu dimiliki tiap-tiap orang. Dan, pastinya selalu berbeda. Jarang orang yang punya keistimewaan dalam semua hal.

Dalam tulisan ini, saya hendak mencatat terkait bagaimana berbuat baik di dunia maya.
Yang gemar menulis, bisa menuliskan catatan2 hikmah yang dialaminya sehari-hari. Itu bisa menjadi bacaan yang menginspirasi orang lain.
Yang lulusan dokter/perawat bisa menuliskan catatan2 tentang kesehatan, tips sehat, obat-obatan, dan penyakit.
Yang lulusan ilmu agama, pun bisa menuliskan catatang ilmu2 agama yang didapatkannya di bangku sekolha/kuliah.
Yang lulusan pertanian, bisa berbagi tips bercocok tanam, membasmi hama, dan bertani yang baik.
Yang lulusan teknik pun demikian, bisa berbagi tentang ilmu yang dipunyainya.

Bahkan, yang lulusan desain pun bisa berbagi pula.
Tulisan saya ini justru terinspirasi oleh desainer yang berbagi lewat keahliannya membuat desain.
Ya, dia bisa membuat desain stiker yang bagus berisi kata2 hikmah atau kutipan hadis, kata2 inspiratif para tokoh dunia.
Salah satu contohnya adalah desain yang saya temukan tak sengaja yang saya muat di samping.
Berbuat baik, mudah dan banyak caranya, Bukan? :-)

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)