Wednesday, November 25, 2015

Perbedaan Antar itu Lumrah

Sayyidah Aisyah ra bisa jadi benar ketika bersama rombongan hendak menemui Khalifah Ali ra utk meminta penjelasan.

Khalifah Ali ra pun bisa jadi benar ketika harus pula bersiap menghadapi kemungkinan perang melawan Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah ra.

Bahkan, kedua kelompok sempat terlibat perang.

Dua orang yang sama2 shalih, sama2 mulia di sisi makhluk paling mulia. Namun, bisa terjadi perang. Kira2 apa sebabnya?
Itulah yang perlu kita teliti. Kita pelajari. Agar jangan sejarah kelam terulang lagi.

Begitu pula dalam kasus Ali ra dan Muawiyah ra. Dua orang sahabat utama. Ulama Sunni banyak yg tawaqquf soal ini. Tidak mau menghukumi.

Namun, untuk kasus berikutnya antara Husein ra dan Yazid, saya berani yakin dengan membela Husein ra dan para Ahli Bait.

Kisah sejarah seperti ini yang harus dibaca. Tentu saja, dengan melihat konteks pada zaman dahulu. Ketika sebuah informasi tidak bisa langsung diterima seketika.

Butuh berhari2 atau minggu2 agar kabar dari Kufah (Ibukota tempat Ali ra) bisa sampai di Madinah (tempat tinggal Sayyidah Aisyah ra).

Sementara konteks zaman sekarang berkebalikan 180 derajat. Dalam hitungan detik pun, kita bisa langsung tahu kejadian di belanjaan bumi lainnya.

Bahkan, dalam hitungan detik pula, kita mungkin awalnya mendukung Paris yang terkena bom, bisa berubah dukungan.

Hitungan detik pula, awalnya membela Turki, beralih membela Rusia, sebab kabar atau tulisan berbeda yang terbaca di medsos atau media daring.

Maka, kita kudu cerdas lah...
Gunakan otak dan hati nurani.
Berdoa :
ربنا لا تجعل في قلوبنا غلا للذين أمنوا

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com