Monday, June 25, 2018

Strategi Memasarkan Produk


Beberapa hari lalu saya belanja ke toko kecil. Belanja kebutuhan harian rumah. Berbagi tugas dengan istri yang sibuk di dapur.
Sabun, sampo, odol, dkk lainnya.
Saya berdiri di depan rak sabun cuci baju.

Ya, sabun semacam inilah pilihan saya sejak zaman kuliah
Pertimbangannya, selain harga terjangkau--juga ada hadiah piringnya
Lumayan buat anak kos-kosan

Ada hal yang menggelitik saya saat melirik label harga sabun kemasan itu.
Harganya masih hampir sama dengan saat masih kuliah dulu
Kok bisa? Dahi saya mengernyit
Padahal sudah 10 tahun lebih (yang lalu). Selisih harga cuma sekitar 500 - 2.000 hingga dengan harga saat ini.

Saya perhatikan lagi bungkus kemasan sabun itu
Saya coba cermati label isinya.
Oooohhh... Barulah saya "ngeh"...
Ternyata, memang isi sabunnya yang dikurangi

Kalau dulu, isi kemasan 1 bungkus itu 1 kg (1000 gram)
Sekarang, pabrik mengemas sabun cuci untuk pasar dengan netto 800 gram
Ada pula yang dikemas dengan netto 850 dan 900 gram
Sementara besar bungkusnya tetap (atau hampir) sama

Ini yang kadang tidak disadari konsumen
Dianggapnya isinya tetap sama seperti bertahun-tahun lalu
Sehingga merasa nyaman-nyaman saja saat membeli
Minimal tidak merasa kemahalan

Rupanya, inilah strategi penasaran dari pihak perusahaan
Mereka tidak berani menaikkan harga secara frontal
Tapi, dengan cara mengurangi isi/nilai barangnya
Namun, kemasannya dibuat tetap

Kasus yang sama saya perhatikan dengan perusahaan produsen air mineral kemasan gelas
Saya terkejut, saat menemukan ada produk merk baru yang amat laris saat acara-acara pernikahan atau gawean tetangga
Merk tersebut amat diminati karena menjual dengan harga selisih 2.000 - 3.000 / kardus
Tentu saja, sangat lumayan hematnya bagi konsumen yang membeli puluhan atau bahkan ratusan kardus

Selidik,
Ternyata produsen mengakali kemasan gelas air mineral tersebut
Kalau biasanya standar air kemasan itu 240 ml, dia berinovasi dengan mengemas isi per gelas 220 ml.
Kalau kita gak perhatian, seakan-akan kemasan gelasnya sama besar dan sama isinya
Nah, itulah strategi pemasaran

Begitu pula dengan kampanye calon pemimpin daerah--pilkada
Seorang calon bisa mengemas dirinya seakan-akan punya kapasitas 1 kg, tapi sejatinya cuma 800 gram
Mengemas seakan-akan netto 240 ml, tp cuma 220 ml
Kalau calon pemilih tidak memerhatikan secara detil, bisa terkecoh

Nah, dalam konteks calon pemimpin saat ajang pilkada, ada beberapa cara pengemasan sebagai bagian dari strategi penasaran ini.
Antara lain:
Bla...bla..bla...
(Ini yang mungkin akan saya tulis di lain waktu, biar gak menimbulkan persepsi dan dugaan2. Soalnya isinya bisa amat menohok jika bacanya sambil emosi. Tapi, kalau gak sambil emosi (baca: pilkada dengan riang gembira) ya insya Allah oke-oke aja. Bahkan bisa jadi bahan mengaca diri).

wallahu a'lam

Babat, 25 Juni 2018
@mskholid

Insert: Kondangan saat pernikahan sepupu, Ahad (24/06)

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)