Tuesday, November 19, 2019

Ketika Tangan dan Kaki Berkata

• Ketika Tangan dan Kaki Berkata •
Pada mata pelajaran Ilmu Kalam, di kitab al-Husun al-Hamidiyah ada disinggung tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di Padang Mahsyar (atau al-Mauqif, dalam redaksi kitab Husun).
Salah satunya; kesaksian kaki, tangan, kulit, dan anggota tubuh kita. Sementara mulut terkunci. 
Saya menyebut sebuah ayat yang kerap kita baca dalam Surah Yasin:
الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Dan, rata-rata murid sekelas nyambung dan ikut baca ayat ini bersama-sama.
Saat menjelaskan tema kesaksian anggota tubuh inilah, kemudian saya terpaksa menyanyikan lagu dari Chrisye ini sepintas saja.

Tidak seluruh liriknya. Selain sebab saya tak hafal semua, juga karena suara yang fals.
Tapi, tetap harus dipede-pedekan saja nyanyi di depan murid-murid.
Yang gak enak, saya sering harus nyanyi sendiri.
Sebab, hampir tak ada murid yang nyambung dengan lagu ini. Padahal, Chrisye itu penyanyi top.
Setelah tak ingat-ingat, ternyata saat lagi top-topnya Chrisye, generasi murid saya ini belum pada lahir.
Yoweslah...
Saya menyerah, gak sanggup lanjut nyanyi.
(mungkin) sama dengan Chrisye yang berulangkali terhenti nyanyikan lagu ini. Ia menangis. Terharu dan menjiwai materi lirik yang ditulis Taufik Ismail.
Saya suruh saja mereka nyari sendiri di Youtube.
Link lagunya ada di sini:

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)