Friday, March 6, 2020

Kenapa Paketnya Tidak Termasuk #Paspor ? [Bag 1]

• Kenapa Paketnya Tidak Termasuk #Paspor ? •
Serial 1 》Pembuatan Paspor
Kebanyakan travel umroh, saat memberikan paket keberangkatan biasanya diberi catatan: TIDAK TERMASUK PASPOR dan MENINGITIS. 
Kenapa paketnya tanpa paspor?
Kok gak sekalian saja.
Jawabannya,
Karena travel umroh, statusnya adalah travel. Agen perjalanan ke Mekah-Madinah. Bukan lembaga pemerintah.
Sementara paspor adalah dokumen identitas pribadi seseorang.
Statusnya mirip KTP. Bedanya, kalau KTP digunakan sebagai dokumen pribadi di dalam negeri. Sementara paspor, adalah dokumen pribadi untuk ke luar negeri.

Nah, umroh adalah perjalanan ke Arab Saudi. Atau mungkin mampir ke negara lain, jika tiket pesawatnya transit dulu ke negara lainnya. Sehingga, setiap jamaah harus membawa dokumen identitas pribadinya--yang berbentuk paspor tersebut.
Sementara itu, pihak travel--sebagai agen perjalanan, berkewajiban mengurusi segala hal terkait akomodasi keberangkatan, di lokasi perjalanan, hingga saat kepulangan. Travel akan mengurusi visa masuk, tiket pesawat PP, hotel menginap, konsumsi selama di kota suci, atau perjalanan lainnya sesuai paket yang diambil.
Nah, semua kebutuhan akomodasi ke luar negeri tersebut, tidak bisa diurus sebelum paspor tersedia.
Karena statusnya sebagai dokumen pribadi itulah, maka paspor hanya bisa diurus oleh yang bersangkutan. Tidak bisa diwakilkan--sebagaimana pembelian tiket pesawat, misalnya.
Apatah lagi, saat pengurusan paspor, akan dibutuhkan beberapa dokumen pendukung sebagai syarat legal pembuatan paspor itu. (Nanti akan saya tulis di serial berikutnya). Bahkan wawancara dengan pihak imigrasi di mana kita mengurus paspor itu.
Namun,
Terkadang ada pula travel yang memberikan paket termasuk pengurusan paspor. Tidak banyak sih. Dan tentu saja anda akan diminta membayar lebih dibanding harga paket yang umum. Selain itu, anda juga harus siap-siap diajak riwa-riwi ke kantor imigrasi. (Dua kali saja sih, jika dokumen lengkap. Pertama untuk permohonan dan pengambilan data biometrik. Yang kedua, saat pengambilan paspor).
Kantor Imigrasi Bojonegoro, 2 Maret 2020
@mskholid
- Nganter calon jamaah umroh

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)