Tuesday, January 2, 2024

Abah yang Boros Nasihat


• Boros Nasihat •

Abah mertua adalah motivator pertama saya agar berani nyopir. Sekalipun masih belajaran, beliau kerapkali memaksa saya nyopir. Bahkan, sering mengajak kulakan kain ke Surabaya. Saya yang baru belajaran disuruh nyopir. 

"Pakai mobil itu lebih aman, daripada pakai motor," ujar beliau.

Namun, karena merasa bukan milik sendiri, saya lebih sering keukeh pakai motor. Sekalipun mobil ada nganggur di rumah. Kalau tidak saking butuhnya, saya gak pakai mobil. Kirim paket kaos 2 karung juga, dulu saya pakai motor. (Sekarang, 1 karung kecil aja pakai mobil).🤣

Abah mertua, tipe orang yang tidak pelit nasihat. Terutama untuk menantunya--apalagi sebagai menantu pertamanya. Boros sekali nasihatnya. Mulai soal rumah tangga, bermasyarakat, bekerja, mengajar, silaturrahim, hingga interaksi dengan dengan rewang di rumah tangga.

Eits, 

Tidak cuma nasihat omongan. 

Tapi, contoh keseharian.

Sebagai menantu pertama, saya mengalami masa-masa panjang hidup bersama mertua. Dengan berbagai dinamikanya. 🤣 

Apalagi, semua adik-adik istri masih pada di pondok, atau kuliah. Hanya pulang dan berkumpul saat liburan.

Pernah suatu ketika, saat berduaan beliau curhat,

"Lapo seh Cung. Abah iku pengen mantuku manggon nek omah Babat disek; 1 atau 2 bulan?" 

"La nopo lho, Ba?" tanya saya.

"Ben Abah iki iso ngulangi. Iso ngajari soal rumah tangga. Soale Abah iki yo gak mungkin urip sak teruse. Mangkane, ben mantuku iso ngopeni, iso ngeramut anak-anakku seng apik," jelas beliau.

Hmmm...

Bener juga, batin saya. 

===

Gak tau nich; kok tiba-tiba ide tulisan yang muncul 2 hari ini tentang Abah mertua?

Entah, otak saya kehabisan ide untuk target Resolusi 2024 》 

1 hari = 1 tulisan 


#1Day1Note

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)