Tuesday, January 23, 2024

Beri Kepercayaan Anak Muda


• Beri Kepercayaan Anak Muda • 


Beberapa minggu lalu, di rapat guru. Saya mendapat masukan dari tim pembina Pramuka untuk mengirimkan Regu pramuka ke lomba di MA Sains Roudlotul Quran Lamongan.


Saya lihat list nama yang hendak dikirimkan. Ternyata, banyak anak yang sudah kelas 9. Karena memang kemampuan anak-anak pramuka kelas 9 ini sudah di atas rata-rata adik-adiknya.


"Coba direvisi. Ganti kirimkan peserta dari adik-adik kelasnya; kelas 8 atau kelas 7 saja. Untuk regenerasi. Lagian, yang kelas 9 ini sedang fokus untuk ujian munaqosyah tahfidz, Al-Miftah, dan ujian akhir," saya mengambil keputusan di rapat tersebut. 


Terlihat agak berat, bagi kakak pembina.

Kalau yang dikirim anak-anak baru, pasti melatihnya butuh kerja keras berlebih. Butuh menggali potensi mereka lebih intensif.


"Ya, nggak apa-apa, jika tidak menang kali ini," ujar saya mencoba memahami kegalauan itu, "Buat tambahan pengalaman, barangkali jadi bekal di masa depan untuk menang."


"Nggeh, Ustadz..." kami menyepakati.


Ternyata,

Dengan tenaga-tenaga muda yang dibekali antusiasme-semangat besar, kami berhasil meraih prestasi hari itu. Ada 11 piala yang mereka (tim putra dan putri) bawa ke rumah. 


Bahkan,

Anggota regu putra putri, 75% berasal dari kelas 7 SMP. 25% dari kelas 8.

Sementara, kakak kelas 8 dan 9, dilibatkan sebagai pembina dan motivator di event tersebut.


Selamat untuk adik-adik pramuka 

SMP CAHAYA QURAN 

Islamic Boarding School Babat Lamongan 

Atas prestasinya di MASA Scout Competition 2024

No comments:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)