Friday, March 14, 2008

Penghasilan dari Usaha Sendiri

Suatu ketika Rafi’ bin Khadij bertanya pada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, penghasilan seperti apa yang paling baik?” jawab beliau, “Penghasilan seseorang dengan tangannya sendiri dan tiap jual beli yang bersih.”

Malik bin Dinar menceritakan apa yang dibacanya dalam kitab Taurat, “Sungguh, orang yang bekerja dengan tangannya sendiri lalu makan (dari hasil kerjanya), niscaya akan bahagia hidup dan matinya.”

Simak pula sabda Rasulullah SAW, “Tidak ada makanan yang paling Allah azza wajalla sukai daripada (hasil) dari pekerjaan tangannya sendiri.”

Dalam memaknai firman Allah SWT (Al-Mu’minun: 51) “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal saleh”, seorang sahabat Nabi, Sulaiman, berkata, “Maksud dari ‘amal saleh’ itu adalah bekerja dengan tangan sendiri.

Lebih jelas lagi disebutkan dalam sebuah hadit; “Seseorang yang datang menenteng tali, lalu berangkat ke gunung. Ia kemudian kembali dengan membawa setumpuk kayu, menjualnya, dan memenuhi kebutuhannya dari hasilnya (penjualan kayu tersebut), itu lebih baik daripada ia meminta-minta pada orang lain; terkadang diberi dan terkadang ditolak.”

Dengar pula kisah Abu Darda’ dalam memenuhi kebutuhan hariannya. Ummu Darda’ menceritakan, “Abu Darda’ menyalakan sendiri api tungkunya (untuk memasak) hingga air matanya meleleh keluar.” [14 Maret 2008]

1 comment:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com