Monday, December 1, 2008

Tahapan dan Syarat Menjadi Perpustakaan Jaringan 1001buku

Tahapan dan Syarat Menjadi Perpustakaan Jaringan 1001buku

1.Memenuhi persyaratan dari 1001buku, sebagai berikut:
a)Perpustakaan tersebut haruslah perpustakaan untuk anak-anak atau memiliki bagian khusus anak-anak.
b)Perpustakaan tersebut memang riil ada, yang akan dibuktikan dengan kunjungan relawan penilik secara random.
c)Perpustakaan tersebut memiliki tempat tersendiri dan tetap, tidak berpindah-pindah, kecuali ada persetujuan khusus dari sidang anggota.
d)Perpustakaan tersebut membuka perpustakaannya sedikitnya satu hari dalam satu minggu agar anak-anak bisa duduk membaca di sana.
e)Perpustakaan tersebut sudah berjalan (bukan perpustakaan yang baru akan berdiri) dan memiliki minimal 20 buku bacaan anak.
f)Perpustakaan tersebut dijalankan secara sosial, bukan perpustakaan komersial.
g)Perpustakaan tersebut mempunyai seorang pengelola atau penanggung jawab yang tergabung dalam 1001buku dan menjadi contact person dalam berhubungan dengan 1001buku di milis.
h)Pengelola atau penanggung jawab perpustakaan itu bersedia ikut hadir membantu acara sortir dan packing buku (apabila memang berada satu kota dengan tempat kegiatan tsb diadakan), atau kontribusi lain yang dapat membantu perkembangan dan kemajuan 1001buku.

2. Pengelola perpustakaan adalah anggota 1001buku.
Pengelola perpustakaan harus tergabung dalam 1001buku dan e-mailnya terdaftar di milis 1001buku. Jika belum terdaftar, silahkan mengirimkan email kosong ke 1001buku-subscribe@ yahoogroups. com. Dengan begitu, diharapkan perpustakaan dapat berkomunikasi dan mengabarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan perpustakaan setiap bulannya. Jika perpustakaan tidak memiliki akses ke internet, maka harus ada relawan 1001buku yang bersedia menjadi sponsor yang dapat menjadi penghubung antara 1001buku dengan pihak perpustakaan. Tugas sponsor adalah meneruskan update informasi yang diperolehnya dari bagian perpustakaan 1001buku.

3. Mendaftarkan perpustakaan pada Tim Registrasi.
Jika Anda merasa perpustakaan Anda telah memenuhi persyaratan (No.1), maka segera daftarkan perpustakaan Anda dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran Perpustakaan 1001buku dan kirimkan ke register@1001buku. org (subject: “Daftar Perpustakaan” ),cc-kan juga ke ariandhi@cbn. net.id atau ke PO BOX 3226 JAKARTA 10032 (cantumkan “Daftar Perpustakaan” di kiri atas amplop) atau serahkan langsung saat acara-acara offline 1001buku.

4. Validasi yang dilakukan oleh Tim Registrasi.
Tim Registrasi akan mempertimbangkan kelayakan perpustakaan Anda untuk masuk ke dalam Jaringan Perpustakaan Anak 1001buku. Jika layak, perpustakaan tersebut akan mendapat nomer registrasi dan dimasukkan ke dalam Daftar Jaringan Perpustakaan Anak 1001buku.

5. Siap-siap menerima buku dari 1001buku!
1001buku akan mendistribusikan buku hasil kegiatan sort-pack-distribut e (SPD) ke perpustakaan Anda. Laporkan ke milis bahwa Anda telah menerima buku-buku tersebut. Lengkapi dan kirim formulir yang dikirim bersama dengan buku-buku tersebut (formulir di dalam box) ke 1001buku.

Jangan lupa untuk selalu mengabarkan perkembangan perpustakaan Anda di milis, sehingga dari situ dapat dinilai bahwa perpustakaan Anda aktif dan siap menerima buku-buku kembali hasil SPD mendatang!

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com