Khutbah I
الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ،
وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ
وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا
مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ
وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، اَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ
اِلاَّ الله وَحْدَه لاَشَرِيْكَ لَهُ المَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْن.
وَاَشْهَدُاَنَ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدِ
اْلأَمِيْن. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ
تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ
تَعَالَى وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ
ٱلرَّٰكِعِينَ. صَدَقَ الله العَظِيْم.
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Alhamdulillahirabbilalamin, dados kalimat ingkang sepatutnya
senantiasa kita ucapkan wonten ing keseharian hidup kita. Khususipun wonten ing kesempatan meniko. Ucapan alhamdulillah,
merupakan salah setunggal wujud rasa syukur kitho atas
karunia lan nikmat Allah SWT ingkang tiada tara. Pada siang hari meniko, kita
tasik diberikan kekuatan lan kesehatan, sehingga saget ngelampahi ibadah puasa Ramadan
lan shalat Jumat. Ibadah meniko merupakan bentuk nikmat iman dan islam yang hanya
diberikan Allah kepada orang-orang yang dicintai-Nya.
Ingkang kedua, monggo sareng-sareng
berusaha mengencangkan lan menguatkan iman dan takwa kita dumateng Allah swt
dengan berusaha sekuat tenaga untuk ngelampahi perintah-perintah Allah lan nilar
utawi nebihi sedoyo larangan-laranganipun. Mugi-mugi dengan usaha lan ikhtiar kita
untuk selalu bertakwa, kita kelak tergolong sebagai orang-orang yang mulia di
sisi Allah SWT.
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Wonten ing kesempatan Jumat meniko, monggo
sejenak kitha merenungi makna lan hakikat ibadah zakat. Khususipun wonten ing akhir
bulan suci Ramadhan meniko. Kitho perlu mempelajari pernak-pernik lan hakikat rukun
Islam yang ketiga meniko, supados dados pengerten beleh ibadah meniko bukan sekadar
menggugurkan kewajiban, namun sedoyo meniko adalah bagian dari kebutuhan ingkang
bakal membawa dampak ingkang sae kangge bagi kehidupan kita.
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an
surat An-Nur ayat 56: وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ
وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ
Artosipun, “Dan dirikanlah shalat,
tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.”
Wonten ing ayat meniko, jelas
disebutkan bahwa ibadah zakat merupakan sebuah perintah. Yang nilai wajibnya
disandingkan kaleyan kewajiban ngelampahi ibadah shalat. Jika menjalankan
shalat meniko adalah kewajiban ingkang sifatnya vertikal (hablum minallah)
yakni sebuah kepatuhan untuk memenuhi hak Allah swt dengan menyembah-Nya, mongko
zakat meniko nggadahi dua dimensi ibadah.
Yang pertama tentu saja, dimensi
vertikal sebagai kewajiban dumateng Allah, yang kedua dimensi horizontal;
inggih meniko dalam bentuk memberikan sebagian harta ingkang kita miliki amergi
di dalamnya wonten hak-hak orang lain. Dalam menunaikannya, zakat ugi mboten sekadar
pokok e memberikan bagian harta, terus selesai. Mboten. Ananging, di situ ugi wonten
beberapa aturan dalam pengeluarannya dan juga ditentukan besaran harta ingkang
mesti kita keluarkan.
Contohipun, zakat emas. Nisabnya utawi
batas minimal tiyang ingkang wajib mengeluarkan zakat emas inggih meniko
ingkang nggadahi 85 gram emas. Syarat berikutnya, barang emas meniko berbentuk
harta yang disimpan selama 1 tahun. Sehingga, menawi wonten tiyang ingkang
nggadah simpanan emas seberat 85 gram dan disimpan selama 1 tahun (utawi isitlahnya
mencapai haul), mongko tiyang tersebut wajib mengeluarkan zakatnya
sebesar 2,5% utawi sebesar 2,125 gram.
Contoh lain; wonten zakat mal (utawi
harta benda). Niki kangge tiyang ingkang nggadahi simpenan uang sebesar minimal
78 juta. Nah, uang meniko sifatnya disimpen. Baik wonten ing rekening bank, deposito,
utawi disimpen di lemari. Menawi masa penyimpanan sampun 1 tahun, mongko wajib
dikeluarkan zakatnya. Inggih meniko sebesar 2,5% saking nilai uangnya. Atau sebesar
1.950.000,-; ingkang dipun berikan kepada tiyang fakir miskin.
Inilah kemudian yang menjadikan zakat
disebut masuk dalam kategori ibadah maliyyah (ibadah kehartaan).
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Wonten ing kitab Ihya ‘Ulumiddin,
Imam al-Ghazali menjelaskan wonten tiga hakikat makna lan tujuan saking kewajiban
berzakat meniko.
Ingkang Pertama, zakat merupakan wujud
totalitas kecintaan kitha dumateng Allah swt. Artosipun tiyang ingkang mengaku
beriman lan mencintai Allah SWT bakal secara total ngelampahi sedoyo apapun
perintah dan permintaan yang dicintainya. Termasuk dalam urusan mengeluarkan
zakat, seberapa pun besar kecintaan lan kesenangan kita terhadap harta benda
(baik berupa uang utawi emas), manakala sampun wonten perintah saking Allah
SWT, mongko dengan enteng tangan kita akan mengeluarkan harta benda tersebut
kangge jalan menuju Allah SWt.
Imam al-Ghazali menyebutkan beleh semakin
tinggi derajat manusia di sisi Allah, mongko akan semakin besar pula rasa cintanya
kepada Allah SWT.
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Hakikat zakat ingkang kedua
menurut Imam al-Ghazali adalah sebuah ikhtiar kangge membersihkan diri saking berbagai
sifat negatif—khususipun sifat kikir utawi pelit. Sifat buruk meniko hanya
saget dipun obati dengan cara membiasakan diri membantu orang lain kalyean harta
ingkang kitha miliki, khususnya melalui zakat. Imam al-Ghazali ugi menyebutkan
beleh: “Kecintaan kita dumateng sesuatu, hanya saget diobati dengan cara
memaksa untuk berpisah darinya, hingga perpishaan meniko menjadi sebuah
kebiasaan.”
Kita juga sebenarnya mboten perlu
khawatir; harta bakal berkurang; hanya gara-gara memberikan harta kepada orang lain.
Amergi pada hakikatnya, tiyang ingkang memberikan hartanya dengan tujuan ngelampahi
perintah oleh Allah akan dilipatgandakan lebih dari yang ia berikan.
Allah SWT berfirman wonten ing surah
Al Baqarah 261:
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ
حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ
وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
Artinya: “Perumpamaan tiyang yang
menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti tiyang ingkang nandur sebutir biji,
yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai tumbuh seratus biji. Allah
melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha
Mengetahui.”
Hadirin jamaah Jumat
rahimakumullah,
Ingkang Ketiga, zakat ingkang kitha
keluarkan hakikatipun adalah sebagai wujud syukur atas nikmat dari Allah SWT.
Perlu kita sadari beleh Allah memberikan
kitha nikmat anggota badan yang harus kita syukuri dengan wujud ibadah badaniyyah,
seperti shalat dan ibadah sejenisnya. Allah ugi memberikan nikmat kitha nggadahi
kelebihan harta benda. Nah, cara mensyukuri nikmat harta benda meniko ialah dengan
ibadah maliyyah yakni dengan mengeluarkan zakat, infak, utawi sedekah.
Lebih dari itu, Imam al-Ghazali ugi
menyebutkan beleh zakat juga bukan sebatas bentuk syukur. Ananging, juga wujud
kepedulian lan kasih sayang terhadap orang lain. Khususipun dumateng
tiyang-tiyang ingkang mboten diberikan keluasan rejeki harta benda seperti ingkang
kita punyai. Dawuhipun Baginda Rasulullah saw: “Tiyang ingkang kasih lan sayang
dumateng penduduk bumi, bakal disayangi oleh penduduk langit.”
Maasyiral Muslimin rahimakumullah...
Lewat kepedulian meniko, mugi-mugi
kita termasuk golongan tiyang-tiyang ingkang bisa memberi manfaat pada orang
lain. Rasulullah bersabda: خَيْرُ
الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ
Artinya: “Sebaik-baik manusia
adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR Imam Thabrani)
Mekaten, tiga hakikat zakat menurut
Imam al-Ghazali. Mugi-mugi cukup dados tambahan wawasan lan ilmu kita dalam ngelampahi
ibadah zakat meniko. Monggi niati zakat ingkang kita keluarkan, bukan sekadar menggugurkan
kewajiban, namun ugi dalam rangka mewujudkan nilai-nilai luhur diri kita
sebagai orang yang beriman. Semoga kita digolongkan sebagai insan ingkang ikhlas
beramal dalam ngelampahi perintah-perintah Allah dan masuk ke dalam golongan
orang-orang yang dicintai-Nya. Amin ya Rabbal alamin...
بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي
الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ
وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ
السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ
وَلِسَائِرِ ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا
بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ
الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ
السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَامِ
أَمَّا بَعْدُ.
فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ
الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى : اِنَّ اللهَ وَ
مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا
صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللّٰهُمَّ صَلِّ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ
اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّٰهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى
بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ
وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ
الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللّٰهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ
الْاَحْيَآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللّٰهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلَامَ
وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ
اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ
اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ
الدِّيْنِ. اللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلَاءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلَازِلَ
وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ
عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خَآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ
اْلمُسْلِمِيْنَ عَآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِي
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا
لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ !
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ
وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى
نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر
Diadaptasi dari Khutbah : Muhammad Faizin,
Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu, Lampung
Sumber: https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-tiga-hakikat-dalam-ibadah-zakat-freaR
No comments:
Write komentar