Wednesday, March 19, 2008

Layanan Tambahan dari Anak-anak Tukang Ojek Payung

Ternyata tidak cuma para pebisnis besar saja yang selalu berinovasi dalam layanan ‘jualnya’. Anak-anak tukang ojek payung yang biasa muncul pada waktu hujan pun mempunyai inovasi dalam pelayanannya. Biasanya tukang ojek payung itu hanya sekadar menyewakan payungnya dan penyewa yang memegang sendiri hingga sampai ke tempat tujuan. Sedangkan si tukang ojek payung sambil berhujan-hujan mengikuti di belakang.

Saya menyaksikan hal berbeda. Anak tukang ojek payung itu memayungi sang penyewa dan berjalan di belakangnya. Si penyewa terlindung dari hujan karena payung, sedang si tukang ojek payung terkena air hujan. Kenyataan tersebut saya saksikan ketika saya sedang dalam perjalanan di daerah Rasuna Said.

Prinsip “konsumen adalah raja” ternyata benar-benar dibuktikan oleh anak-anak kecil itu. Padahal mungkin mereka tidak pernah mendengar prinsip tersebut. Akan tetapi, dari pengalaman ‘berbisnis’nya, mereka menemukan ide-ide dan kreatifitas baru.

Ciputat, 17 Maret 2008

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com