Monday, September 1, 2008

Three Publishing Mencari Naskah

Salam Buku….

Three Publishing adalah penerbit yang mempunyai semangat anak muda yang kreatif , inovatif dan mandiri. Semangat itu mencerminkan sebuah harapan terhadap bangsa ini ke depan, yang harus diberikan sebuah wacana tentang kemudaan dan pembaharuan. Untuk itu penerbitan ini dalam terbitannya berusaha untuk meletakan sebuah misi yang luhur untuk mencerdeskan bangsa ini lewat buku-buku.

Sebagai penerbit Three Publishing menerima masukan naskah sebanyak mungkin yang diajukan para penulis untuk kami terbitkan.

Bagaimanakah proses sampai naskah buku dari penulis dapat kami diterbitkan ?
Ada beberapa tahap yang akan dilalui sampai suatu naskah bisa diterbitkan, yaitu :
1. Penulis mengirimkan naskah ke Three Publishing, melalui e-mail ke pengelola_redaksi@ yahoo.co. id
2. Tim Pengelola Redaksi akan mereview naskah yang dikirimkan.
3. Three Publishing (pengelola redaksi) akan menghubungi penulis kembali untuk memberitahu apakah naskah tersebut disetujui untuk diterbitkan atau tidak (via e-mail).
4. Jika disetujui, Three Publishing akan mengedit, mereview, melayout keseluruhan naskah tersebut sampai siap menjadi buku.
5. Jika diperlukan, Penulis wajib memperbaiki apabila dalam naskah tersebut belum sempurna. Dalam hal ini diperlukan sebuah komunikasi antar penulis dan redaksi Three Publishing.
6. Three Publishing akan mengirimkan Surat Kontrak Penerbitan Buku yang harus ditanda tangani oleh penulis.
7. Setelah Surat Kontrak Penerbitan Buku tersebut ditandatangani maka buku tersebut baru bisa diterbitkan. (via pos atau faks).

Syarat-syarat naskah yang dikirimkan
1. Diketik dengan spasi 1,5, Times New Roman 12 point.
2. Ukuran kertas A4 dengan margin 2 cm semua sisi.
3. Ketentuan diatas dapat diabaikan bagi tulisan yang diset interaktif atau bacaan anak yang membutuhkan perlakuan khusus (font, lay-out, warna dll).
4. Semua gambar disertakan filenya dalam folder ‘image’, jika ada font khusus yang ingin disertakan maka diletakkan pada folder ‘font’.
5. Selain naskah disertakan pula ringkasan/abstrak dari tiap bab dan daftar isi (strukturnya saja) dalam file yang berbeda. Ringkasan harus mencerminkan keseluruhan alur atau struktur kesatuan naskah.
6. Mengirimkan CV lengkap plus file foto.
7. Semua kelengkapan naskah di kompres menjadi satu dalam file `kategori_naskah. zip’ (kategori_naskah) dan dikirimkan via e-mail ke: pengelola_redaksi@ yahoo.com. id dengan judul `pengajuan naskah’.

Naskah Non-fiksi
1. Untuk naskah non fiksi Gambar/tabel yang disisipkan dinomori dengan fasilitas `caption’ yang telah tersedia dalam Editor teks, disertai Table of Figure dibagian akhir.
2. Panjang naskah minimal 150 halaman.
3. Heading 1 (judul bab) dengan Times New Roman 16px, Heading 2 (Sub-bab) dengan Times New Roman 14px, Heading 3 (Sub dari sub-bab) dengan Times New Roman 12px.
4. Untuk tutorial, disarankan agar disediakan e-mail dari penulis bagi pembaca atau wahana konsultasi via e-mail. Jika tidak dapat menyediakan, Three publishing akan berusaha untuk memfasilitasi. Dimohon kesediaan penulis untuk memanfaatkannya.

Naskah Fiksi :
- Aturan penulisan standard, tema serta gaya bahasa bebas, tidak menyinggung SARA/mendiskreditka n golongan tertentu.
- Cerbung dan serial: Panjang per-naskah sama seperti minimal telah ada 3 naskah dengan cerita bersambung. Ringkasan naskah harus jelas.
- Novel: panjang minimal 50.000 kata atau 150 halaman Ringkasan naskah harus jelas.


Kriteria naskah

Buku Agama Islam
Tema-tema :

Panduan Ibadah singkat
Fadilah Ibadah-ibadah
Agama dikaitkan dengan remaja dan cinta


Buku Masakan (resep)
Tema :

Resep masakan khas daerah
Resep baru
Catatan:
- resep yang diajukan adalah resep yang sudah dicoba dan disertai contoh foto masakan yang sudah jadinya.
- Minimal mengirimkan 50 resep


Buku Anak
Tema:

Tekhik belajar cepat dan mudah untuk anak
Panduan belajar membaca dan menulis
Buku-buku menggambar dan mewarnai
Teknik berlajar bermain musik untuk anak
Mengembangkan daya kreatifitasdan imajinasi anak


Novel
Tema:

Novel humor atau jenaka
Novel-novel remaja
Novel Islami


Buku Komputer
Tema ;
Panduan Cepat mahir computer dari berbagai segi hardware dan software.

Alamat Three publishing

Jl.Salatiga no 22, Antapani Bandung
Tlp/faks ; 022-7203421
e-mail : publishingthree@ gmail.com

1 comment:

isa jatinegara said...

Three Publishing Penerbit Nakal

Saya merasa perlu untuk menyebarkan berita menngenai penerbit-penerbit nakal di Indonesia agar tidak ada lagi pihak penulis, publishing service atau siapa pun yang dirugikan.

Salah satu penerbit nakal adalah Three Publishing, yang beralamat di Jl. Salatiga no. 22 Bandung, sebagai direktur/pemilik adalah Ibu Wiwin dan Bapak Diar.

Saya menyarankan untuk tidak pernah bekerja sama dengan penerbit tersebut, karena alasan, naskah Anda yang sudah dipesan Three, pembayarannya akan lama, tersendat-sendat, dan tidak dibayar sama sekali.

Nampaknya saya tidak pelu berpanjang lebar kembali, jika tidak percaya.. Silahkan Anda bisa coba melakukan kerja sama dengan Three.

Selain isntitusi saya, re! Media Service (trafficjam13th@yahoo.com)

Lembaga lain yang pernah dirugikan, dan memblacklist Three, adalah Indscript Creative (Indari Mastuti)

Sekian terimakasih. Postingan-postinga seperti ini sangat diperlukan, untuk menegliminasi penerbit nakal di Indonesia.

Silahkan sebarkan jika merasa postingan ini akan bermanfaat untuk khalayak. Hal ini juga sebagai bentuk partisipasi Anda dalam membangun citizen journalism (jurnalisme warga) yang baik di Indonesia.


Salam


M. Isa Jatinegara
trafficjam13th@yahoo.com

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com