Tuesday, December 30, 2008

Sampah di Video Klip-nya Yovie & Nuno; Bunga Jiwaku

Tak sengaja saya menyaksikan video klip salah satu lagu terbaru Yovie & Nuno. Judulnya Bunga Jiwaku. Mulai dari awal hingga akhir, ditampakkan orang yang menerima lemparan kertas putih. Entah bertuliskan apa. Setelah membaca tulisan di kertas tersebut sejenak, orang itu langsung melemparnya kembali seenaknya. Kemudian, kertas berisi pesan itu mengenai orang lain yang (menurut skenario) ada di sampingnya. Orang yang menerima lemparan kertas pun membuka kertas. Membacanya sebentar, dan melemparkan kembali ke arah yang dikehendaki. Begitu enaknya. Seperti tanpa beban.
Lemparan demi lemparan berlangsung terus dan mengenai orang-orang yang berbeda. Sepertinya untuk menggambarkan bahwa pesan dalam kertas itu sampai pada orang dengan profesi atau karakter yang berbeda. Begitu seterusnya hingga akhirnya kertas itu sampai pada Yovie & Nuno dkk. Mereka membacanya sekilas, namun langsung disambar oleh seorang cewek yang segera ngeloyor pergi.

Yang jadi sorotan saya di sini adalah menampakkan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Saya melihat bagaimana dengan santainya setiap ’tokoh’ yang menerima surat itu membuang sampah (kertas putih) sembarangan. Begitu berulang-ulang dilakukan tokoh-tokoh yang lain. Tentu saja video klip itu menjadi pelajaran yang tidak baik.

Bagaimana kita lihat dinas kebersihan berupaya sekuat mungkin menyosialisasikan keharusan membuang sampah pada tempatnya dan bergaya hidup bersih. Namun, sosialisasi dinas itu tentu saja akan tiada artinya sama sekali karena lawannya adalah video klip musik—yang tentu saja digandrungi banyak orang. Mereka yang melihat mungkin tanpa sadar akan merekamnya dalam diri mereka bahwa kebiasan membuang sampah sembarangan adalah hal yang lumrah. [KHO]

1 comment:
Write komentar

Adv.

IKLAN Hubungi: 0896-2077-5166 (WA) 0852-1871-5073 (Telegram)