Wednesday, December 5, 2012

Beasiswa Short Course Bagi Jurnalis dari AJI

ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN

B E A SI S W A
Banking Journalist Academy
AJI Indonesia - Bank Permata

AJI Indonesia dan Bank Permata akan menyelenggarakan short course bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan tentang perbankan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam meliput isu-isu perbankan, serta
mendorong adanya liputan media yang berkualitas dan beretika terkait isu perbankan.

Ini merupakan program beasiswa yang diberikan kepada 10 orang jurnalis, berupa biaya kursus dan biaya operasional liputan yang akan menjadi bagian dari tugas akhir. Short course Banking Journalist Academy akan berlangsung di Jakarta pada bulan Januari - Februari 2013.

Siapa yang dapat melamar beasiswa?
* Jurnalis dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun
* Bekerja sebagai karyawan tetap di media maupun sebagai wartawan lepas.

Apa yang dibiayai oleh beasiswa?
Biaya kursus selama satu setengah bulan yang terdiri dari 12 pertemuan, serta dana liputan yang meliputi biaya operasional
liputan seperti biaya transportasi, tunjangan selama liputan, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya liputan adalah Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah). Pihak penyelenggara tidak menyediakan penginapan dan biaya transportasi bagi rekan-rekan dari luar Jakarta yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana cara mengajukan beasiswa?
Untuk dapat mengajukan beasiswa, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, surat rekomendasi dari editor
untuk mengikuti kegiatan ini, serta proposal liputan, yang telah kami sediakan dan dapat diunduh di www.ajiindonesia. or.id.

Lamaran dikirimkan ke AJI Indonesia dengan perihal:
Beasiswa Banking Journalist Academy2012 Melalui email:
beasiswa.aji@ gmail.com

Selambat-lambatnya tanggal 25 Desember 2012

Apa kriteria usulan liputan terbaik?
1. Topik menyangkut isu perbankan
2. Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain
3. Liputan menantang, namun tetap realistis
4. Menggunakan narasumber yang kredibel
5. Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat
6. Biaya tidak melebihi pagu yang ditentukan,
kecuali peserta bisa menutup kekurangannya.

Bagaimana proses seleksi?
Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling
baik. Hanya 10 usulan liputan terbaik yang akan mendapat beasiswa. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email pada tanggal 2 Januari 2013.

Bagaimana proses setelah seleksi?
Peserta terpilih akan mengikuti short course di Jakarta yang terdiri dari 12 pertemuan, dan setiap pertemuan berdurasi sekitar 2 – 3 jam.
             

Apa manfaat yang bisa diterima bagi peserta kegiatan ini?
· Peserta akan mendapatkan materi mengenai perbankan dan jurnalisme seperti teknik membuat liputan perbankan yang mendalam, dari kalangan praktisi ekonomi, perbankan, dan media.
· Selama kursus berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor, baik dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas.
· Dukungan biaya operasional liputan sebesar Rp 2.500.000,- digunakan untuk pembuatan tugas akhir, serta penghargaan untuk The Best Reporting bagi tiga (3) karya liputan terbaik.

Perlu informasi lebih jelas?
Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@ gmail.com

*******

Sekretariat AJI Indonesia
Jl. Kembang Raya No. 6
Kwitang, Senen, Jakarta Pusat 10420
Indonesia
Phone (62-21) 315 1214
Fax (62-21) 315 1261
Website : www.ajiindonesia. org

No comments:

There was an error in this gadget

Shorih's books

M. Quraish Shihab menjawab... : 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui
5 of 5 stars true
Tanpa Bermaksud memudah-mudahkan-yang bisa berujung pada kecendrungan serba boleh jika di pahami dan di hayati dengan cara yang benar, sesungguhnya Islam memang satu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang benar dalam mengamalkan Islam ad...
Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
3 of 5 stars true
Saya membaca buku ini saat Tere Liye belum seterkenal sekarang. Karyanya juga belum sebanyak dan digandrungi sekarang. Saat itu, buku "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" masih diterbitkan penerbit lain (bukan Republika) dengan cover warna hi...

goodreads.com